Cerita Lidah Buaya, Zaman Mesir Kuno Menjadi Bekal Kubur

By Putri Puspita, Selasa, 18 April 2017 | 00:14 WIB
Lidah Buaya yang Kaya Manfaat (Foto: stylecraze.com) (Putri Puspita)

Aloe vera atau lidah buaya, bernama latin Aloe barbadensis. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk industri kecantikan, bahan makanan, juga sebagai tanaman hias di rumah.

Simbol keabadian

Pada zaman Mesir kuno, tanaman ini dikenal sebagai ‘tanaman keabadian’ karena merupakan salah satu tanaman yang dijadikan hadiah penguburan raja-raja mesir. Belum diketahui, alasan mengapa lidah buaya ini dijadikan bekal kubur. Apakah karena manfaatnya untuk merawat rambut? 

Namun yang jelas, lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan yang berguna untuk tubuh manusia, seperti protein, kalsium, magnesium, Zinc, vitamin C, asam amino, dan germanium. Sejak zaman dahulu, lidah buaya digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Biasaya lidah buaya dibelah, lalu cairan di dalamnya dioleskan pada rambut. Berikut adalah beberapa manfaatnya lidah buaya.

1. Menghitamkan rambut

Caranya:

Ambil satu batang lidah buaya yang besar, potong dan kupas kulitnya kemudian ambil daging atau gel nya dan oleskan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Kemudian bungkus dengan handuk hangat. Gunakan sebelum keramas dan bisa dilakukan setiap hari.

2. Membuat rambut berkilau

Caranya:

Keramas menggunakan campuran sampo buatan sendiri, yaitu mencampurkan lidah buaya dengan cuka apel dan madu. Gunakan secukupnya saja tiap bahan yang dibutuhkan, lalu campur merata sampai adonannya berbentuk menjadi pasta. Pakai campuran ini ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut selama setengah jam lalu bisa dibilas dengan air.

3. Menghaluskan rambut

Caranya:

Secangkir lidah buaya di campur dengan dua sendok teh kembang sepatu dengan dihancurkan atau diblender agar tercampur merata. Gunakan sebagai kondisioner alami sebagai salah satu cara melembutkan rambut.