Seru Banget Main Seluncur di Berastagi, Airnya Hangat

By Yomi Hanna, Rabu, 19 April 2017 | 00:00 WIB
Pemandian air panas Lau sidebu-debu. (Foto: Hanna Vivaldi) (Hanna Vivaldi)

Jika kamu jalan-jalan ke Berastagi, Sumatera Utara, jangan lupa untuk berkunjung ke pemandian air panas Lau Sidebu-debu. Mata air panas ini berada di sebelah selatan Gunung Sibayak, tepatnya di desa Sidebu-debu dan 30 menit sebelum Berastagi.

Perjalanan menuju tempat pemandian

Dalam perjalanan menuju tempat pemandian, kita disuguhkan pemandangan Gunung Sibayak dan ladang pertanian milik masyarakat setempat.

Udara di Desa Sidebu-debu sangat dingin dan sejuk, karena berada di ketinggian 2.100 km dari permukaan laut. Jadi, sungguh tepat sekali di udara yang dingin seperti itu kita merasakan hangatnya mandi di pemandian Lau Sidebu-debu.

Air belerang bermanfaat bagi kesehatan

Air dalam kolam pemandian Lau Sidebu-debu beraroma sulfur atau belerang. Sebagian orang memag tidak suka dengan aroma tersebut, tetapi banyak juga yang tidak terlalu mempermasalahkan aromanya dan tetap menikmati kehangatan pemandian air panas tersebut.

Belerang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Biasanya digunakan untuk pengobatan tradisional bagi orang yang berjerawat, alergi, panu, kadas, ataupun kurap.

Lalu, apakah jika kita masuk ke kolam pemandian tersebut akan ikut ketularan penyakit kulit? Tenang saja, kita tidak perlu khawatir akan ikut tertular dari wisatawan lain, karena air kolam yang ada akan berganti terus.

Tempat pemandian air panas

Di Desa Sidebu-debu tidak hanya menyediakan satu tempat pemandian air panas saja. Tetapi ada beberapa dengan harga tiket dan bentuk kolam yang berbeda-beda pula. Kita dapat memilih tempat pemandian yang diinginkan sambil menyusuri jalan.

Kolam pemandian air panas paling ramai dikunjungi pada malam hari, karena semakin malam cuaca di sana semakin dingin. Banyak tempat pemandian yang membukanya selama 24 jam, tetapi ada juga yang membatasinya hingga pukul 24.00 WIB.

Pemandian alam ini dikelola oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat. Aliran air panas belerang dialirkan dari pancuran gunung Sibayak melalui pipa-pipa menuju kolam pemandian.

Jika ingin membeli serbuk belerangnya saja, dapat dibeli hanya dengan membayar lima ribu saja perbungkus di sekitar kolam pemandian.

Fasilitas dalam pemandian air panas biasanya seperti toilet, kamar ganti, sewa pakaian untuk mandi, dan penginapan yang murah bagi wisatawan yang ingin bermalam di sana.