Yuk, Main Air di 4 Pulau di Sekitar Jakarta

By Syanne Ayuresta, Rabu, 19 April 2017 | 07:28 WIB
Sumber Foto: Syanne Ayuresta (Syanne Ayuresta)

Jakarta tidak hanya memiliki ribuan mal dan tempat rekreasi. Teman-teman pasti banyak yang belum tahu, kalau Jakarta juga memiliki banyak pulau yang seru untuk mengisi liburan bersama keluarga. Di 4 pulau berikut ini, kita bisa sepuas-puasanya bermain air, sambil menikmati pemandangan pulau yang indah. 

1. Pulau Tidung

Beberapa tahun belakangan ini, Pulau Tidung dikenal sebagai tujuan wisata favorit karena mudah dicapai dan fasilitasnya lengkap. Untuk ke Pulau Tidung, kita dapat naik kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke atau Marina Ancol denga KM Kerapu. Dengan pelayaran sekitar dua jam, kita akan sampai di pulau berpasir putih ini. Pulau Tidung sudah dilengkapi dengan wahana permainan air, seperti banana boat dan jetski. Kalau kamu ingin latihan snorkeling sambil menikmati terumbu karang, di sana banyak yang menyewakan peralatan snorkeling. Kalau ingin mengelilingi pulau, kita bisa menyewa bentor alias becak motor atau menyewa sepeda.

Pulau Tidung terdiri dari dua pulau, yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh jembatan panjang yang dikenal sebagai Jembatan Cinta. Di Pulau Tidung, kita bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang sudah dibuat penginapan. Selain bermain air sepuasnya, di pulau ini kita juga bisa bermain pasir dan menikmati pemandangan yang indah. 

2. Pulau Harapan

Pulau Harapan juga menjadi salah satu tujuan wisata bahari keluarga. Untuk ke pulau ini, kita bisa naik kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke atau di Marina Ancol. Di Pulau Harapan, juga banyak penginapan dengan fasilitas cukup lengkap. Di pulau ini, kita bisa jalan-jalan di pantai yang berpasir putih, belajar snorkeling, atau mengunjungi tempat penangkaran penyu. Di tempat penangkaran penyu, kita bisa belajar cara menyelamatkan dan menetaskan telur penyu. Kalau kebetulan sudah ada anak penyu yang cukup besar, kita juga boleh melepaskannya ke laut. Wew, sambil berwisata, kita bisa belajar konservasi penyu, dong. 

3. Pulau Macan

Tidak jauh dari Pulau Harapan, kita bisa menuju Pulau Macan. Suasana di pulau ini sangat tenang dan sepi. Di Pulau Macan Besar sudah dilengkapi penginapan moderen Tiger Islande Village & Eco Resort. Sedangkan Pulau Macan Kecil tidak ada penghuninya dan dibiarkan menjadi pulau untuk konservasi. Meskipun disebut Pulau Macan, di sini tidak ada macan atau harimau yang berkeliaran. Pantainya tenang dan aman. Di pantai berpasir putih dan bersih, kita dapat menikmati indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. 

4. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun terletak tidak jauh dari Pulau Pramuka. Pulau Semak Daun merupakan pulau kecil dan tidak berpenghuni. Luasnya hanya sekitar empat kali lapangan sepak bola. Pulau Semak Daun kini dikembangkan sebagai tempat kemping keluarga.Meskipun pulaunya kecil, Semak Daun memiliki pemandangan yang cantik dan seru untuk berkemah. Pantainya tidak berkarang, sehingga  cukup aman untuk bermain air. Belum lagi hamparan pasir putih dan bersih menambah ketenangan untuk menghabiskan waktu bermain di pantai. Meskipun pulau ini tidak berpenghuni, pulau ini aman karena ada petugas yang menjaga dan berpatroli. Selain itu ada satu pedagang yang menyediakan air minum dan makanan untuk kebutuhan kemping.