Ternyata, Es Balok Bukan untuk Dikonsumsi

By Sylvana Toemon, Kamis, 20 April 2017 | 10:17 WIB
Es balok bukan untuk dikonsumsi (Sylvana Toemon)

Meminum minuman dingin saat cuaca panas terik memang asyik. Es batu yang ada di dalam minuman membuat kita lebih tertarik. Segar sekali rasanya! Apalagi penjual es ada di mana-mana. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Tahukah kamu kalau tidak semua es batu itu benar-benar bersih?

Bahan pembuat es balok

Penjual minuman sering menggunakan es balok sebagai bahan untuk membuat minuman esnya. Balok es besar ini dipecahkan atau diserut menjadi potongan kecil untuk diminum. Nah, es balok itu sebenarnya bukan dibuat untuk dikonsumsi. Karena itu, bahan-bahannya kadang-kadang memang ada yang tidak memenuhi syarat gizi yang baik. Es balok ini sering dibuat dengan menggunakan air mentah. Ada juga yang diberi bahan-bahan lain supaya terlihat bening.

Guna es balok bagi kehidupan kita

Ketika dipindahkan, es balok ini tidak dijaga kebersihannya seperti menjaga makanan. Es balok ini diangkat ke truk, diletakkan di tanah, bahkan diinjak-injak. Kuman-kuman penyakit bahkan racun bisa melekat di es itu. Es batu berbentuk balok memang diperlukan dalam kehidupan kita. Es berukuran balok besar itu digunakan untuk mendinginkan ikan atau daging segar. Lihat saja di pasar ikan segar. Pasti ada esnya, kan? Es balok itulah yang digunakan untuk mendinginkan ikan supaya tidak membusuk.

Buat es sendiri

Apabila teman-teman ingin minum es, buatlah sendiri es di rumah. Tentu saja dengan menggunakan air matang yang bersih. Esnya bisa kamu bentuk aneka macam, tidak hanya balok besar yang dipecah-pecahkan. Malah lebih asyik, kan?