Miracle Fruit Mengubah Rasa Asam Jadi Manis

By Marisa Febrilian, Kamis, 20 April 2017 | 10:23 WIB
Daging buah Miracle Fruit seperti buah jamblang. (Marisa Febrilian)

Buah ini berasal  Afrika barat. Di sana disebut agbayun, taami, asaa, atau ledidi. Orang barat menyebutnya miracle fruit atau miracle berry, yang artinya buah ajaib. Hmm … pasti ada alasan, dong, disebut buah ajaib.

Seperti melinjo dan jamblang

Secara ilmiah tanaman ini namanya Synsepalun dulcificum. Miracle fruit  tergolong tanaman perdu. Tingginya maksimal hanya 1 meter dan ukurannya kecil.  Untuk menanamnya, tanaman ini tidak memerlukan lahan yang luas. Bahkan bisa ditanam dalam pot.

Buahnya berbentuk lonjong berwarna merah, menyerupai buah melinjo. Kalau dibelah, terlihat ada 1 buah biji di tengah daging buah yang basah berwarna putih. Kalau dilihat dari isinya, buah ini  menyerupai buah jamblang.

 Asam jadi manis

Kalau kita makan buah miracle fruit, lalu minum air jeruk nipis yang rasanya sangat asam, rasa air jeruk itu akan terasa manis. Mengapa begitu? Apakah kandungan gula dalam buah ini sangat tinggi? Tidak! Miracle fruit memiliki kandungan gula yang rendah. Tetapi  daging buahnya mengadung protein yang disebut miraculin.

Bila miraculin ini digabungkan dengan rasa asam maka akan dapat merangsang rasa manis pada lidah kita. Rasa manis itu hanya berlaku antara 30 menit hingga 2 jam di dalam mulut kita. Tergantung kepada berapa banyak kita makan buahnya. Walaupun miraculin mengubah rasa, tetapi tidak mengubah kandungan gizi atau kandungan kimia dalam makanan.

Nah, rupanya itulah kejaiban buah ini. Tak heran buah ini disebut miracle fruit atau buah ajaib.

Teks : Aan*, Foto : creativecommons.org