Fakta Menarik Durian

By Marisa Febrilian, Jumat, 21 April 2017 | 07:36 WIB
Durio zibethius adalah nama latin Durian (Marisa Febrilian)

Buah durian! Yup, buah tropis yang suka dijuluki sebagai raja buah ini menjadi favorit kalau musim panen tiba.

Sayangnya, tidak semua orang menyukai buah ini, mungkin karena buah ini mengeluarkan aroma menyengat. Selain itu, buah durian sering dianggap sebagai buah yang tidak baik bagi kesehatan. Eits! Tapi, benarkah begitu? Temukan fakta menarik durian, yuk!

Apakah buah durian menyebabkan kolesterol?

Tidak benar. Menurut hasil penelitian, sebenarnya belum pernah ditemukan buah-buahan yang menghasilkan kolesterol. Bahkan, 80 persen kolesterol berasal dari dalam tubuh kita sendiri, 20 persen sisanya berasal dari lemak hewani.

Apakah durian mengandung alkohol?

Tentu saja tidak. Buah-buahan tidak menghasilkan alkohol, kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya.

Lalu, apa saja kandungan gizi di dalam durian?

Nutrisi di dalam durian, penting bagi kesehatan tubuh. Buah durian mengandung vitamin B, C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, omega 3 dan 6. Buah durian juga mengandung zat antioksidan dan polyphenol. Zat ini bermanfaat untuk menjaga vitamin-vitamin di dalam tubuh.

O iya, kandungan gula alami yang terkandung di dalam durian berguna bagi sumber energi. Nyam, nyam, nyam ternyata durian si buah menyengat ini kaya manfaat.