Mengapa Bulan Selalu Terlihat Mengikuti Kita?

By Sylvana Toemon, Jumat, 21 April 2017 | 10:40 WIB
Mengapa Bulan selalu terlihat mengikuti kita? (Sylvana Toemon)

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa Bulan selalu terlihat mengikuti kita? Entah saat berjalan kaki atau menumpang kendaraan, Bulan selalu saja berhasil menyusul kita. Apakah memang benar demikian?

Bulan dapat dilihat di seluruh permukaan Bumi

Saat memandang Bulan di langit, kadang-kadang terlihat seperti lampu yang ada di langit-langit. Walaupun terlihat dekat, jarak Bulan sangat jauh dari tempat kita berada. Bulan berada sejauh 484.400 km dari Bumi. Bulan adalah satelit Bumi, yang selalu bergerak mengikuti Bumi. Itu sebabnya Bulan dapat dilihat hampir di seluruh permukaan Bumi.

Baca juga: Bulan Satelit Alami Bumi

Makin jauh jarak, makin lama terlihat

Saat kita bergerak, otak kita secara otomatis membandingkan benda-benda yang kita lihat. Bayangkan kamu dan keluarga sedang berkendara menuju rumah Kakek yang berada di kaki gunung. Saat mobil berjalan, kamu akan melihat pohon, lampu jalan seakan bergerak ke belakang dan segera lenyap dari pandanganmu. Itu karena jaraknya yang dekat. Lain halnya dengan gunung yang tinggi menjulang. Perlu beberapa waktu lamanya sampai gunung itu terlihat membesar sampai tak lagi terlihat seperti sebuah gunung. Makin jauh jaraknya, makin lama suatu benda terlihat dan seakan tak bergerak.

Nah, demikian pula halnya dengan Bulan. Jarak Bulan yang sangat jauh membuat Bulan seperti tidak bergerak dari tempatnya. Jarak pandang dan sudut pandang kita terhadap Bulan hampir tidak berubah. Itu sebabnya Bulan tetap terlihat walaupun kita sudah berjalan sangat jauh. Seakan-akan Bulan mengikuti ke mana pun kita pergi.