Flippy, Si Robot Pembuat Burger yang Canggih

By Yomi Hanna, Senin, 24 April 2017 | 16:45 WIB
Robot Flippy yang diciptakan perusahaan Miso Robotics. (Foto: tctechcrunch.com) (Hanna Vivaldi)

Pada masa kini, robot mulai mengambil alih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Contohnya Flippy, sebuah robot yang pandai membalikkan roti dan memasak hamburger dengan cepat.

Flippy diciptakan karena orang Amerika perlu banyak hamburger

Robot ini diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Miso Robotics.

Flippy dibuat karena orang Amerika perlu banyak hamburger. Robot ini sangat bermanfaat karena restoran yang menggunakan jasanya tidak perlu lagi membayar upah sebesar yang dibayarkan kepada pekerja manusia. Robot Flippy juga selalu mampu membuat hamburger dengan sempurna.

Flippy pertama kali digunakan di restoran hamburger Pasadena CaliBurger. Jika percobaan penggunaan robot ini berhasil, mungkin Flippy akan banyak digunakan di berbagai restoran di Amerika.

Bagaimana bentuk robot Flippy?

Ukuran Flippy cukup kecil. Dia mempunyai 6 sambungan lengan robotic yang disebut dengan ‘sensor bar’. Karena ukurannya kecil, robot ini mudah dipasangkan di depan atau di samping panggangan atau penggorengan (fryer).

Flippy dapat bekerja karena adanya sensor panas, sensor 3D, serta kamera yang dapat memahami lingkungan di sekitarnya.

Tidak hanya itu, robot ini juga langsung dapat menerima perintah yang dikirimkan oleh sistem.

Cara Flippy bekerja

Cara kerja Flippy adalah mengambil roti yang terbuka, meletakkannya ke atas panggangan, menunggu hamburger hingga masak, serta memberikan informasi pada juru masak agar segera menambahkan keju atau bahan lainnya di atas hamburger tadi.

Selain dapat membuat hamburger, Flippy juga mampu mempelajari resep baru karena di dalamnya ditambahkan program khusus. Program ini bisa membuat robot Flippy belajar serta beradaptasi dengan perubahan menu restoran.

Wah, seru juga ya kalau robot Flippy ini juga ada di Indonesia!