Pemenasan Global, Berbahaya untuk Bumi!

By Danastri Permata Putri, Selasa, 25 April 2017 | 07:31 WIB
Pemanasan Global, Ilustrasi: pbs.org (Danastri Permata Putri)

Pemanasan global sangat berbahaya, karena dapat merusak bumi kita. Tapi, apa sih, pemanasan global itu? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengurangi pemanasan global?

Meningkatnya suhu Bumi

Pemanasan global atau global warming adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer dan permukaan bumi. Suhu di bumi sudah menjadi lebih panas dari satu abad yang lalu. Memang, meningkatnya hanya sekitar 0,6 derajat celcius. Tapi ternyata sangat berpengaruh, lho!

Akibat pemanasan global

Akibat dari pemanasan global sudah dapat kita rasakan secara langsung. Seperti pergantian musim yang tidak pasti, banjir semakin sering terjadi, adanya kekeringan di tempat-tempat yang tidak biasa mengalaminya, hingga sering terjadinya angin puting beliung. Pemanasan global juga menyebabkan mencairnya es di daerah kutub.

Penyebab terjadinya

Ada banyak penyebab terjadinya pemanasan global. Contohnya, asap dari kendaraan bermotor yang mengandung karbon dioksida. Gas karbon dioksida ini merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas karbon dioksida membuat panas dari bumi tidak dapat keluar ke angkasa, tapi membuatnya kembali lagi ke bumi.

Perusakan hutan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Hutan berfungsi menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Maka jika hutan rusak, jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan menjadi sedikit. Jika semakin banyak karbon dioksida yang berkumpul di atmosfer, maka akan menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Hemat listrik

Jadi, apa ya, yang harus kita lakukan untuk membantu bumi agar pemanasan global dapat berkurang? Ternyata banyak lho, yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah menghemat listrik. Matikan lampu yang tidak kita gunakan, jangan menyalakan televisi apabila tidak ditonton, dan cabut kabel listrik apabila sudah tidak dipakai. Mudah sekali, kan?