Hutan Biru yang Indah

By Danastri Permata Putri, Selasa, 25 April 2017 | 07:51 WIB
Hutan Biru Halle, Foto: boredpanda.com (Danastri Permata Putri)

Hutan di Belgia ini terkenal bukan karena warnanya yang hijau, melainkan biru! Hm, dari mana ya, warna biru itu berasal?

Dari bunga bluebell

Ternyata, warna biru ini bukan berasal dari pohon-pohon di hutan, melainkan dari bunga-bunga bluebell yang sedang bermekaran. Sayangnya, bunga ini hanya mekar pada bulan April sampai Mei. Hutan ini terletak di Hallerbos, Belgia.

Dijaga pemerintah

Kata Hallerbo berasal dari bahasa Belgia untuk kata Hutan Hallle. Hutan raksasa yang juga dikenal dengan sebutan hutan biru ini sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Luas total hutan ini adalah 535 hektar. Tanah seluas 100 hektar di dalamnya merupakan area hutan lindung yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah Belgia.

Karpet bunga bluebell

Pada awalnya, Hutan Halle merupakan bagian dari Hutan Sonian, hutan terbesar di Eropa. Saat Perang Dunia Pertama, Hutan Halle yang asli hancur oleh pasukan tentara. Kemudian antara tahun 1930 dan 1950, dihidupkan kembali. Namun, bunga bluebell memang sudah tumbuh liar sejak ratusan tahun lalu di hutan ini. Bunga ini tingginya 10 sampai 30 cm. Jadi jika memasuki hutan ini, kita akan langsung melihat hamparan karpet bunga bluebell memenuhi seluruh isi hutan.

Tempat tinggal banyak binatang

Tidak hanya itu, pada musim semi, Hutan Halle juga ramai dengan berbagai jenis burung. Terdapat juga tupai merah di antara pohon pinus, elang, rubah, kelinci liar, burung hantu, dan sigung yang juga menjadikan hutan ini sebagai tempat tinggal, ada juga kecebong di kolam dalam hutan. Indah dan ramai sekali isi Hutan Hallerbos, bagaikan kisah di negeri dongeng!

Hutan favorit

Hutan ini menjadi rute favorit para pejalan kaki dan pengendara sepeda yang bermukim di sekitar Hutan Halle. Yang menjadikannya unik, hutan ini terbentuk secara alami. Karena hutan ini merupakan milik umum, jadi pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun jika ingin memasuki dan menyaksikan keindahan bunga-bunga di sana.