Yuk, Ikut Menjaga Bumi!

By Danastri Permata Putri, Selasa, 25 April 2017 | 03:08 WIB
Bumi yang Perlu Kita Jaga, Ilustrasi: zazzle.com (Danastri Permata Putri)

Setiap tanggal 22 April, kita memperingati Hari Bumi. Bumi kita semakin hari semakin tua. Pemanasan global juga semakin bertambah parah. Tapi, kita bisa ikut membantu menjaga bumi, lho! Caranya dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini.

Membuang sampah pada tempatnya

Kita pasti tahu apa akibat yang akan ditimbulkan jika tidak membuang sampah pada tempatnya. Yup, benar! Banjir akan semakin mudah terjadi. Salah satunya karena sampah menyumbat saluran-saluran air. Selain itu jika sampah dimakan oleh binatang, binatang tersebut akan menjadi sakit dan mati. Banyak lho, ikan-ikan di laut yang di dalam perutnya ternyata terdapat sampah plastik! Kasihan sekali, ya?

Hemat listrik

Jangan lupa untuk selalu mematikan lampu yang sudah tidak kita gunakan. Kalau malam sebelum tidur, jangan lupa matikan lampu kamar juga, ya! Selain menghemat listrik, tidur akan semakin nyaman. Kita juga tidak boleh membiarkan televisi menyala jika tidak ada yang menonton. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mecabut charger dari colokan. Kalau tidak dicabut, listrik akan terus mengalir dan terbuang sia-sia.

Hemat air

Siapa yang suka mandi berlama-lama sambil bermain air? Wah, jangan, ya! Air akan terbuang percuma. Air adalah salah satu sumber daya alam yang harus kita jaga. Jadi harus digunakan dengan baik dan bijaksana. Selain itu, masih banyak teman-teman kita yang kekurangan air bersih. Jadi kita harus berhati-hati dalam memakai air.

Jangan buang-buang tissu dan kertas

Tissu dan kertas berasal dari pohon. Jika kita banyak memakai tissu dan kertas, maka semakin banyak pula pohon yang ditebang. Pohon adalah paru-paru dunia. Ia yang menyerap karbon dioksida dan menghasilkan udara bersih untuk kita hirup. Pohon juga yang menyerap air berlebih dari hujan, sehingga tidak terjadi banjir. Jadi, jangan sampai banyak pohon ditebang untuk membuat tissu dan kertas.

Nah, sekarang kalian sudah tahu hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk ikut menjaga bumi. Yuk, kita bersama-sama membuat bumi menjadi tempat yang nyaman dihuni.