Azalea, si Putri Cantik dari Hutan

By Marisa Febrilian, Selasa, 25 April 2017 | 07:38 WIB
Ini adalah bunga Azalea merah. Cantik, kan? (Marisa Febrilian)

Sst! Itu siapa, ya? Cantik-cantik sekali mereka. Seperti putri turun dari kayangan, deh! Aku mau kenalan, ah!

Beraneka rupa

Ternyata banyaaak sekali jenis bunga yang mirip dengan putri di kayangan ini. Ada satu, dua, tiga, mmm.. wah banyaaak! Sebelum cari tahu lebih dalam, kenalan dulu, yuk. Namanya azalea. Jenis tanaman berbunga ini berasal dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron. Bunga azalea ini sebagian besar tumbuh di Amerika Utara dan Asia Timur. Di Amerika Utara, jenis bunga azalea ada sekitar 50 spesies. Wow! Kalau bunga azalea dari Asia memiliki daun yang hijau sepanjang tahun. Sedangkan spesies dari Amerika suka menggugurkan daunnya saat musim gugur tiba.

Musim semi musim mekar

Ada warna putih, merah, oranye, kuning, dan ungu. Ya! Itulah warna-warna bunga Azalea. Mereka mekar saat musim semi tiba. Jadi, kalau mau melihat kecantikan bunga azalea, datanglah saat musim semi. Seperti di taman Callaway, Amerika, bunga azalea mekar dengan kompak ketika musim semi tiba. Uh.. cantik, deh! O ya, setelah bunga azalea mekar, bunganya akan bertahan sekitar 2-3 minggu.

Habitat Asli

Meskipun cantik, ternyata habitat asli bunga azalea itu berada di hutan atau semak-semak, lo. Terkadang tanaman berbunga cantik ini justru tumbuh di tempat liar. Tapi bunga cantik ini bisa juga tumbuh di dataran tinggi atau puncak gunung. O ya, bunga azalea ini menyerap karbondioksida, lo. Jadi kalau berada di dekatnya kita akan merasakan kesejukan. Wiih.. asyiikk!

Bunga azalea bisa dijadikan bunga hias di rumah. Soalnya bunga azalea bisa tumbuh di pot atau pekarangan. Hayoo, siapa yang mau menanam bunga cantik seperti putri?

Foto : creativecommons.org