Kuku Bisa Berjamur, lo.

By willa widiana, Rabu, 26 April 2017 | 10:38 WIB
Untuk menghindari jamur kuku, kita harus menjaga kebersihan kaki! (willa widiana)

Kuku memang bagian yang cukup kecil dari tubuh kita. Tetapi, jika tidak diperhatikan, kuku kita bisa terserang jamur, lo. Jika sudah begitu, penampilan kuku pun akan berkurang.

900 juta orang terkena jamur kuku

Menurut data dari University Hospitals of Cleveland di AS, ada sekitar 900 juta orang di dunia yang mengalami masalah jamur kuku. Sementara di Indonesia, setidaknya ada 30 juta orang yang mengalami masalah jamur kuku.

Jamur bernama onikomikosis ini biasanya menyerang kuku kaki. Ada beberapa hal yang menyebabkan jamur kuku tumbuh, misalnya: iklim tropis, kebiasaan menggunakan sepatu yang tertutup, dan kuku yang pernah mengalami luka.

Kuku yang sudah terserang jamur biasanya berwarna kuning, burem, hingga gelap. Teksturnya juga akan berubah menjadi lebih tinggi, lebih tebal, dan juga retak-retak.

Apa yang harus dilakukan agar kuku terhidar dari jamur itu?

Ada beberapa hal yang bisa menghindarkan kamu dari jamur kuku, misalnya: membersihkan kaki (terutama bagian sela-sela jari), mengeringkan kaki sebelum memakai sepatu, dan mengganti kaus kaki setiap hari. Jika aktivitas yang dilakukan cukup lama, maka tak ada salahnya membawa kaus kaki cadangan. Jadi, kaki yang lembab karena keringat bisa dihindari.

Intinya, kita harus menjaga kaki agar tetap kering. Hal itu mungkin sedikit merepotkan, tapi tak ada salahnya untuk dilakukan agar kita bisa terbebas dari jamur kuku.

Sumber: Kompas.com, Foto: footdoctorwaterford.com