5 Hewan Laut Terunik yang Jarang Terlihat

By Syanne Ayuresta, Kamis, 27 April 2017 | 06:29 WIB
Sumber Foto: boringduckling.com (Syanne Ayuresta)

Jauh di dalam laut, banyak hewan memiliki bentuk yang unik. Siapa saja mereka? Yuk, kita amati 5 hewan laut berikut ini.

1. Flamingo tongue snail

Siput laut yang memiliki nama ilmiah Cyphoma gibbosum ini dapat ditemukan pada terumbu karang di lautan Karibia dan Atlantik. Kolektor cangkang rumah siput banyak tertarik dengan warna cangkang siput ini yang memiliki pola unik. Sebetulnya rumah siput ini dasarnya berwarna putih. Pola unik yang muncul berasal dari siput itu sendiri. Siput ini memangsa kipas laut beracun. Namun, bukannya menderita keracunan, hewan ini malah menyerap racun dan menjadikannya sebagai senjata.

2. Gurita dumbo

Pecinta Pokemon pasti tahu dengan makhluk yang satu ini. Walaupun namanya gurita tetapi hewan ini tidak memiliki tentakel. Disebut gurita dumbo karen bentuk sirip dan telinganya mirip Dumbo tokoh kartun gajah yang bisa terbang. Gurita dumbo memiliki nama ilmiah Grimpotheutis. Walaupun gurita dumbo mudah ditemukan mengambang pada permukaan laut, namun ia mampu hidup pada kedalaman 4 ribu meter. Gurita dumbo ada yang sebesar telapak tangan, tetapi ada juga yang berukuran raksasa mencapai 1,8 meter.

3. Red lipped batfish

Biasanya  ikan berenang dengan siripnya. Tetapi ikan ini suka berjalan di dasar laut dengan menggunakan sirip-siripnya. Bentuk badannya gepeng dan bibir yang merah menyala. Ikan ini hidup di dasar laut dan sering menyamar sebagai batu untuk mengintai mangsanya. Ikan ini sering diburu oleh kolektor ikan unik. Syukurlah dengan gerakannya yang lincah, ikan ini sulit ditangkap.

4. Hiu goblin

Hiu goblin memiliki sedikit perbedaan dengan hiu pada umumnya. Dia memiliki gigi seperti kuku rahasia  yang dapat digerakan jauh keluar dari mulutnya. Fungsinya untuk menangkap dang melahap mangsanya. Hiu goblin cukup sulit ditemui, sebab habitatnya berada di laut yang dalam yang sulit dijangkau manusia.

5. Timun laut transparan

Hewan ini memiliki tubuh yang transparan, sehingga sistem pencernaannya bisa terlihat dari luar. Timun laut ini bergerak lamban serta bertubuh lunak. Timun laut transparan ditemukan pada kedalaman 2.750 meter di Laut Meksiko.