Ditemukan, Telur Dinosaurus Berumur 70 Juta Tahun

By Aisha Safira, Rabu, 26 April 2017 | 10:22 WIB
Ada lima telur dinosaurus berusia 70 juta tahun lo di Tiongkok. Foto: museumoftheweird.com (Aisha Safira)

Di sebuah lokasi pembangunan di sebelah tengara Tiongkok ditemukan sebuah telur dinosaurus. Telur ini diperkirakan berumur 70 juta tahun.

Ada lima telur

Telur ini tertimbun di Kota Foshan, Provinsi Guangdong sedalam kurang lebih delapan meter. Para ilmuwan memperkirakan telur ini sudah tertimbun di sana sejak periode Cretacerous.

Menurut Qiu Licheng, ada lima telur yang ditemukan. Qiu Licheng adalah salah satu peneliti dari Archaeological Institute di Guangdong. Tiga dari lima telur tersebut sudah hancur tapi masih bisa diselamatkan. Sedangkan dua sisanya mempunyai jejak di atas batu. Ia memperkirakan kalau telur ini berasal dari dinosaurus phytophagous yang merupakan pemakan tumbuhan.

Kelima telur ini berbentuk bulat dan mempunyai diameter antara 13 hingga 14 cm. Menurut para arkeolog, telur-telur tersebut telah rusak. Tapi urat yang menandai permukaannya masih terlihat. Sedangkan bagian dalam telur tersebut sudah terisi dengan batu pasir. Saat ini, kelima telur tersebut sedang diteliti di museum lokal.

Bukan pertama kalinya di Tiongkok

Ini bukan pertama kalinya telur dinosaurus ditemukan di Tiongkok. Sejak 1980, sudah ada banyak telur dinosaurus yang ditemukan di provinsi ini. Pada 2015, di Kota Heyuan ditemukan 43 telur dinosaurus lo. Kabarnya, jumlah ini adalah yang terbanyak di dunia.

Kota Foshan terletak di sebuah cekungan bernama Sanshui Basin. Sanshui Basin mempunyai dua keunikan, yaitu kaya akan mineral dan fosil dinosaurus. Menurut para ilmuwan kota Foshan dulunya merupakan tempat tinggal banyak hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu, tidak heran kalau di daerah ini banyak ditemukan telur dinosaurus. Kalau di Indonesia ada telur dinosaurus juga tidak, ya?