Minuman Bersoda, Tidak Baik untuk Tulang Kita

By Putri Puspita, Kamis, 27 April 2017 | 06:59 WIB
Minuman bersoda (Foto: dokter.id) (Putri Puspita)

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Tetapi banyak menikmati minuman bersoda, tidak baik untuk pertumbuhan tulang kita.

Osteoporosis

Orang yang sering mengonsumsi minuman bersoda memiliki resiko terkena osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi rapuhnya tulang yang disebabkan oleh rendahnya jumlah kalsium dalam tulang. Osteoporosis sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Meskipun terkadang dialami juga oleh orang yang masih muda. Orang yang kandungan kalsium tulangnya rendah akan lebih mudah mengalami osteoporsis dibandingkan orang yang kalsium tulangnya cukup.

Kalsium Tulang

Faktor yang mengendalikan kandungan kalsium tulang adalah kandungan kalsium darah. Darah harus mengandung kalsium dalam jumlah tertentu. Bila kalsium dalam darah kurang, akibat rendahnya asupan kalsium atau pengeluaran kalsium yang cukup besar, kalsium dari tulang akan diambil dan dipindahkan ke darah.

Sementara, kandungan kalsium darah harus seimbang dengan kandungan fosfor dalam darah. Bila kandungan fosfor darah tinggi, maka kandungan kalsium darah juga harus tinggi. Bila kandungan kalsium darah lebih rendah dari kandungan fosfor darah, kalsium tulang akan diserap ke darah hingga jumlahnya seimbang.

Fosfor pada minuman bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung fosfor. Fosfor dalam minuman bersoda akan masuk ke darah dan meningkatkan kandungan fosfor darah. Kandungan fosfor darah yang terlalu tinggi akibat mengonsumsi minuman bersoda yang berlebihan akan mengakibatkan pemindahan kalsium tulang menuju darah, sehingga tulang kekurangan kalsium. Padahal kalsium sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang kita yang sedang pada masa pertumbuhan.