Tips Bijak Menggunakan Gadget

By Putri Puspita, Rabu, 26 April 2017 | 11:21 WIB
Ilustrasi kecanduan gadget (Foto: brilio.net) (Putri Puspita)

Kita sering menghabiskan waktu dengan bermain gadgetseperti handphone, tab, laptop, ataupun peralatan lainnya. Hal ini secara tidak sadar membuat kita jadi malas bergerak. Apabila ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menghambat pertumbuhan.

Duduk terlalu lama

Kalau sudah keasikan bermain gadget atau menonton, kita jadi terlalu lama duduk. Hal ini tentu saja tidak sehat untuk tulang rangka badan. Selain itu, kaki yang tidak terbiasa bergerak juga menyebabkan berkurangnya kekuatan otot dan kelincahan kaki. Hal ini membuat kita tidak bisa berlari cepat ataupun melompat jauh.

Kesehatan mata

Terlalu lama menatap layar juga menyebabkan mata lelah. Apalagi kalau pencahayaan yang terlalu kuat dan jarak yang dekat. Biasanya hal ini tidak terasa  pada saat kita bermain game, semakin lama kita semakin dekat pada layar. Perilaku ini membuat mata menjadi lelah dan penglihatan kita pun akan terganggu.

Perkembangan otak

Bergerak juga membantu otak untuk lebih berkembang. Penelitian membuktikan ketika seseorang aktif bergerak, maka otaknya menjadi lebih berkembang dibandingkan dengan mereka yang diam. Ketika otak lebih berkembang, maka seorang anak akan lebih mudah menangkap pelajaran, lebih kreatif, dan tentunya semakin tinggi kesempatan untuk sukses.

Ayo kita bijak

Nah, saatnya kita harus bijak dalam menggunaan gadget. Jangan terlalu sering sampai menyebabkan kesehatan terganggu. Boleh saja bermain, asal ingat waktu.