Planetarium Alami di Pulau Aogashima

By Danastri Permata Putri, Rabu, 26 April 2017 | 05:51 WIB
Pulau Aogashima, Foto: pinterest.com (Danastri Permata Putri)

Di sebelah selatan Tokyo, Jepang, terdapat sebuah pulau yang unik dan terpencil. Namanya Pulau Aogashima. Pemandangan pulau ini luar biasa memukau, salah satunya pemandangan ribuan bintang di malam hari. Tapi ternyata pulau ini sangat berbahaya untuk ditinggali!

Sedikit penduduk

Pulau ini terletak di perairan Filipina, tetapi masih masuk dalam wilayah Tokyo. Luas pulau ini 8,75 kilometer, dan populasinya tidak lebih dari 250 orang. Pulau Aogashima termasuk pulau yang paling terisolasi dari Kepulauan Izu dan juga merupakan desa terkecil di Jepang. Untuk mencapai pulau ini, hanya bisa menggunakan kapal dan helikopter.

Pulau misterius

Pulau ini sering disebut sebagai pulau misterius. Pulau Aogashima memang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, yang menjadikan desa seperti berada di dalam mangkok. Hal ini disebabkan oleh aktivitas vulkanik dari gunung yang terdapat di Pulau Aogashima. Pada abad ke-18, pegunungan Aogashima pernah meletus. Korbannya mencapai setengah penduduk desa! Saat itu, para penduduk desa langsung meninggalkan pulau ini. Namun 50 tahun kemudian, banyak warga yang kembali lagi.

Tanah yang subur

Letusan gunung berapi yang terjadi telah membuat tanah di Pulau Aogashima sangat subur dan baik untuk pertanian. Warga yang tinggal di sana sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani yang sukses. Hal ini yang membuat para penduduk tidak mau meninggalkan Pulau Aogashima, meskipun mereka tinggal sangat dekat dengan gunung berapi.

Pemandangan indah

Pulau ini hanya mempunyai satu kantor pos, satu sekolah dasar, dan satu sekolah menengah. Titik tertinggi pulau ini adalah 423 meter dan dinamai Otonbu. Walaupun begitu, tetapi pemandangan alam yang dapat dinikmati di pulau ini sangat indah. Pemandangan laut bisa dinikmati dari ujung-ujung tebing. Suasana perbukitan di dalam pulau juga memberikan nuansa pegunungan yang indah.

Planetarium alami

Salah satu pemandangan menakjubkan lainnya di pulau Aogashima adalah langit pada malam hari. Karena merupakan desa kecil, polusi cahaya di desa ini sangat sedikit. Inilah yang menjadikan langit malam tidak tercemar. Kita bisa melihat ribuan bintang di langit Aogashima dengan jelas. Banyak yang mengatakan bahwa pulau ini adalah planetarium alami.