Ini dia! Transportasi Umum di Inggris

By Marisa Febrilian, Rabu, 26 April 2017 | 10:50 WIB
Bus tingkat atau Double Decker adalah salah satu transportasi umum di Inggris (Marisa Febrilian)

Kalau menyebut kata Inggris, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Artisnya? Tempat wisata? Atau klub sepak bola? Hm, pernahkah kamu membayangkan transportasi umum di sana?

Kereta umum

“Naik Kereta Api..Tut..tut..tut” siapa yang mau ikut Tut-Tut naik kereta? Hi..hi..hi.. Di Inggris, ada bermacam-macam kereta, lo. Ada kereta bawah tanah (subway), ada juga kereta di atas tanah (dockland light railway). Kalau kereta bawah tanah, orang di Inggris menyebutnya Tube. Biaya naik Tube dan Dockland Light tidak sama, semua tergantung jarak yang ditempuhnya. O iya, Tube merupakan transportasi umum tertua di dunia. Sejak tahun 1863, Tube sudah melayani rute perjalanan sepanjang 400 kilometer. Dan kendaraan umum ini berhasil memecahkan rekor sebagai transportasi paling banyak digunakan penumpang. Whuiiih..hebat ya! Hayo siapa yang mau naik transportasi ini?

Bus tingkat

Suka melihat bus tingkat berwarna merah? Yap.. transportasi itu identik sekali dengan negara Inggris. Namanya adalah Double Decker Bus. Bus tingkat ini diperkenalkan tahun 1820. Pada waktu itu bus ini menggunakan tenaga kuda untuk menggerakannya. O ya, zaman dulu, bus yang disebut bus tempel memiliki tangga di luar. Wah agak sulit untuk menaikinya, ya. Hi..hi..hi..

Tapi seirng dengan perkembangan zaman, bus tingkat ini sudah mengalami banyak perubahan, jadi kita tidak perlu sulit saat mencapai ke lantai atas bus ini. Lantai dua, memang didesain untuk wisatawan agar bisa bebas melihat pemandangan di sekelilingnya. Ihiiiiy…asiiiik kan?

Sewa sepeda

Nah, kalau kamu mau berkeliling sambil menikmati sejuknya udara di Inggris, sepeda adalah pilihan yang tepat. Tahun 2011 lalu, pemerintah Inggris baru saja mengeluarkan layanan peyewaan umum untuk sepeda. Namanya Barclays Cycle Hire. Nah untuk bisa menyewa sepeda ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. O ya untuk biayanya, tergantung lamanya menyewa. Eits tetapi kita berhati-hati ya, jangan sampai telat mengembalikannya. Kalau terlambat, kita harus membayar denda sebesar £150 atau sekitar dua juta rupiah.. Wow mahal ya!

Melihat pemandangan indah di Inggris, bisa dinikmati dengan banyak cara ya! Kalau kamu pilih yang mana?  

Foto : Panoramio.com, visitlondon.com