Fakta Dibalik Festival Holi

By willa widiana, Rabu, 26 April 2017 | 06:01 WIB
Fakta Dibalik Festival Holi (willa widiana)

Holi merupakan salah satu festival yang diadakan di India. Festival yang diadakan setiap awal bulan Maret ini identik dengan saling melempar serbuk berwarna. Ternyata, ada beberapa fakta unik dibalik festival tersebut.

Musim semi

Festival Holi digelar untuk merayakan musim semi. Setiap warga di India akan merayakannya. Dalam festival ini, warga akan melemparkan serbuk, tinta, hingga cat dengan beragam warna. Warna yang beragam itu merupakan tanda untuk musim semi.

Beda warna, beda arti

Ternyata, setiap warna memiliki arti yang berbeda. warna merah melambangkan kehidupan, festival, dan pernikahan. Warna kuning melambangkan kemakmuran dan perdagangan. Warna hijau melambangkan alam, kesuburan, dan kebahagiaan. Warna biru melambangkan warna kulit Krishna yang identik dengan perdamaian, cinta, dan juga surga.

Beda kota, beda cara

Kota Mathura akan merayakan Holi dengan perayaan tradisional, sedangkan Kota Vrindavan akan merayakannya dengan taburan bunga. Oiya, warga Shantiniketan biasanya merayakan Holi dengan anak-anak, sedangkan warga di Udaipur merayakan Holi dengan para raja.

Jika kamu ingin menyaksikan perayakan Holi dengan ribuan orang, kamu bisa mengunjungi Delhi atau Mumbai.

Oiya Teman-teman, setiap kota di India punya warna yang dijadikan lambang, misalnya:

  • Nagpur, kota ini identik dengan warna oranye, karena menjadi produsen jeruk.
  • Cuttack, kota ini identik dengan warna perak, karena industri peraknya.
  • Kolkata, kota ini identik dengan warna hitam, karena sejarah Penjara Lubang Hitam (Black Hole Prision) yang cukup kelam.

Sumber: nationalgeographic.co.id, Foto: flickr.com