Sejarah Es Krim

By Danastri Permata Putri, Kamis, 27 April 2017 | 06:38 WIB
Sejarah Es Krim, Foto: toriavey.com (Danastri Permata Putri)

Semua pasti menyukai sensasi dingin dan manis dari es krim. Tetapi tahukah teman-teman, bagaimana sejarah awal mula ditemukannya hidangan favorit kita ini?

Tidak mudah

Dahulu, membuat es krim adalah hal yang tidak mudah. Dulu tidak ada alat pendingin seperti kulkas dan freezer. Jadi, kita harus mengambil es dari danau atau kolam yang membeku saat musim dingin. Setelah itu, es dipotong dan disimpan agar tidak meleleh. Disimpannya di dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Dengan begini, kita dapat menikmati es meskipun saat musim panas. Tapi jangan dikira es krim saat itu sudah seperti sekarang. Pada saat itu, es krim masih diolah secara tradisional. Es yang telah dihancurkan dicampur dengan garam, sehingga adonan dapat membeku.

Sejak 64 Masehi

Sejarah kemunculan es krim dipercaya berawal dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero dari Romawi di tahun 64 Masehi. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan mengenai salah satu hidangan pesta. Hidangan tersebut adalah es salju halus yang diambil dari penggunungan dan dihidangkan bersama buah-buahan serta madu.

Adonan es krim pertama

Tetapi yang paling awal mengenalkan bentuk es krim seperti sekarang adalah Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China, pada tahun 700 Masehi. Ketika disajikan es yang diambil dari salju, Kaisar meminta agar es tersebut dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Maka, jadilah adonan es krim seperti yang kita kenal sekarang.

Hanya untuk bangsawan

Namun banyak yang mengatakan bahwa adonan es krim pertama kali dikenalkan oleh Marcopolo pada abad ke 16. Ia pulang dari berlayar dan membawa resep es krim. Awalnya es krim terbuat dari es salju yang dicampur lemak susu, buah-buahan, dan diberi berbagai macam adonan sehingga lembut dan nikmat. Saat itu, es krim adalah hidangan istimewa yang hanya dapat dinikmati kaum bangsawan.

Es krim di Indonesia

Di Indonesia, es krim dibawa oleh bangsa Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya. Saat itu es krim merupakan makanan mewah dan mahal, sehingga kebanyakan hanya orang Belanda saja yang menikmatinya.