Fakta Menarik Es Krim

By Danastri Permata Putri, Minggu, 30 April 2017 | 00:59 WIB
Fakta Es Krim, Foto: icecreamjubilee.com (Danastri Permata Putri)

Es krim adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari produk susu seperti krim atau sejenisnya, dan digabungkan dengan perasa dan pemanis. Hampir semua orang menyukai hidangan lezat ini. Yuk, cari tahu beberapa fakta menarik mengenai es krim!

Mengandung banyak manfaat

Selain rasanya yang manis dan tekturnya yang lembut, ternyata es krim juga memiliki banyak manfaat. Keunggulan es krim didukung oleh bahan baku utamanya, yaitu susu tanpa lemak dan lemak susu.

Susu merupakan makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizi yang lengkap. Terdapat lebih dari 100.000 jenis molekul yang terkandung di dalam susu. Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A, C, dan D.

Es krim rasa oyster

Selama ini kita hanya mengenal es krim dengan rasa-rasa yang manis, seperti coklat, vanila, dan rasa buah lainnya. Tetapi ternyata, ada juga es krim dengan rasa-rasa unik. Contohnya adalah es krim rasa oyster dan asparagus yang ditemukan pada zaman kolonial. Iiih, bagaimana ya, rasanya?

Es krim pertama di luar angkasa

Es krim astronot juga dikenal sebagai es krim kering atau es krim luar angkasa. Es krim ini adalah es krim yang dikeringkan dalam keadaan beku dan siap untuk dimakan. Es krim astronot tidak membutuhkan penyimpanan di lemari es.

Es krim ini dibuat oleh Whirlpool Corporation atas permintaan NASA ketika Projek Apollo. Apollo 7 yang terbang pada tahun 1968 merupakan penerbangan pesawat angkasa pertama yang membawa es krim ke luar angkasa.

Tidak menyebabkan batuk pilek

Banyak yang mengatakan bahwa es krim adalah penyebab utama batuk dan pilek. Eits, padahal tidak selalu, lo. Es krim cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh. Jadi saat es krim masuk ke kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab utama batuk pilek adalah virus dan alergi bawaan pada anak-anak.