5 Manfaat Musik, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan

By Danastri Permata Putri, Kamis, 27 April 2017 | 07:21 WIB
Manfaat Musik, Ilustrasi: resonatemusic.ca (Danastri Permata Putri)

Mendengarkan dan bermain musik ternyata memiliki banyak manfaat, baik untuk keseharian dan kesehatan kita. Apakah kamu sudah tahu 5 manfaat musik untuk kita?

1. Membuat suasana hati bagus

Sebuah penelitian di Kanada yang diterbitkan Nature Neuroscience pada tahun 2011 menunjukkan bahwa mendengarkan atau memainkan musik kesukaan bisa membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Hal ini dapat memicu pelepasan hormon bahagia di tubuh kita, yaitu dopamin. Musik juga dapat mengurangi stress dan membuat kita kembali bersemangat.

2. Meningkatkan kemampuan visual dan verbal

Bermain musik dapat membuat kita lebih mudah memahami kata-kata dan menjelaskan maknanya. Kemampuan berimajinasi dan berbicara kita akan meningkat. Untuk orang dewasa, memainkan musik bisa menjaga otak tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Segala jenis aktivitas yang melibatkan musik bisa menjadi latihan yang baik dan membuat otak lebih tajam.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi di Brunel University, London Barat, telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen. Mendengarkan musik juga bisa meningkatkan semangat dan energi sebanyak satu sampai dua persen. Jika berolahraga sambil ditemani musik, kita akan menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah. Hal ini yang membuat daya tubuh kita meningkat dan tidak membuat mudah sakit.

4. Alat komunikasi universal

Musik bermanfaat sebagai media komunikasi antarmanusia. Musik merupakan bahasa universal yang dipahami semua manusia, meskipun tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Musik dapat menyatukan perbedaan, menciptakan perdamaian, dan solidaritas antar sesama manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, musik sering kali menjadi alat komunikasi untuk mengungkapkan rasa bahagia, marah, maupun sedih.

5. Musik sebagai pengiring

Musik digunakan sebagai pengiring tarian atau dansa. Hal ini membuat tarian tersebut semakin hidup dan penari pun menjadi lebih bersemangat. Selain itu, musik juga menjadi pengiring di berbagai acara keagamaan atau upacara kebudayaan lainnya.