Bagaimana Keadaan Beruang Saat Hibernasi?

By willa widiana, Jumat, 28 April 2017 | 22:00 WIB
Ilustrasi beruang saat hibernasi. (willa widiana)

Beruang merupakan salah satu hewan yang hidup di daerah empat musim. Saat musim dingin tiba, beruang akan melakukan hibernasi di antara akar pohon, di dalam lubang, atau di dalam cerukan gua. Seperti apa  keadaan beruang saat hibernasi?

Masih Sadar

Bagi beruang, hibernasi itu mirip dengan tidur. Jadi, mereka masih dalam keadaan sadar. Jika ada suara berisik di sekitar tempat ia tidur, beruang akan terganggu dan bangun. Oiya, saat hibernasi, induk beruang biasanya melahirkan dua ekor bayi beruang kembar. Lucu, ya!

Suhu Tubuh

Suhu tubuh beruang saat normal adalah 37,8 derajat celcius. Saat hibernasi, suhu tubuhnya turun menjadi 33,9 derajat celcius atau 31,1 derajat celcius. Tapi, penurunan suhu tubuhnya masih terbilang normal.

Bagaimana dengan hewan lain?

Hibernasi yang dilakukan hewan lain berbeda dengan hibernasi yang dilakukan beruang. Contohnya tupai. Saat melakukan hibernasi, tupai benar-benar tidak sadar. Jadi, mereka tidak melakukan kegiatan apa-apa selama hibernasi berlangsung.

Oiya, suhu tubuh tupai juga turun sangat jauh, bahkan suhu tubuhnya bisa sama dengan suhu lingkungan sekitarnya. Selain itu, pernapasan dan pencernaan tupai juga menjadi sangat lambat saat hibernasi berlangsung.

Foto: Don O'Brien - Creative Commons