Dewi Sin Mu, Kelenteng Tertua di Tanah Habang

By Marisa Febrilian, Jumat, 28 April 2017 | 03:30 WIB
Kelenteng Dewi Sin Mu masih berdiri kokoh meskipun sudah berusia 100-an tahun (Marisa Febrilian)

Bangunan bercat kuning dan merah, bukanlah bangunan biasa. Bangunan ini dikenal dengan nama Klenteng Dewi Sin Mu. Konon, klenteng tua ini pernah disinggahi oleh Panglima Cheng Ho.

Bangunan Tua

Tanah Habang adalah sebutan untuk kota Toboali, Bangka Selatan. Tanah Habang menyimpan banyak cerita. Mulai dari keindahan alam, ragam kuliner yang menggiurkan, sampai bangunan bersejarah, seperti Klenteng Dewi Sin Mu.

Kelenteng Dewi Sin Mu ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1862. Meskipun sudah berusia lebih dari 100 tahun, bangunan kelenteng ini masih berdiri kokoh. Dan keaslian bangunan kelenteng pun masih dijaga dengan baik. Hanya warna cat bangunan saja yang diperbaharui.

Bagian Dalam Kelenteng

Kelenteng Dewi Sin Mu berada di Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Dari pusat kota, menuju ke kelenteng ini dapat ditempuh kurang lebih 15 menit. Di dalam kelenteng ini terdapat beberapa ruang, ada ruang depan, ruang utama, halaman tengah, dapur, dan kamar mandi. Di dalam kelenteng terdapat 4 tiang besar dengan diameter sekitar 30 cm. Bangunan kelenteng Dewi Sin Mu menghadap ke arah barat. Menurut sejarah, kelenteng ini pernah disinggahi oleh Panglima Cheng Ho saat mendarat di pelabuhan Tanjung Ketapang.

O iya, sampai saat ini, kelenteng Dewi Sin Mu masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat setempat.

Foto : Ricky Martin*