Nagoya Castle, Kastil Terbesar di Jepang

By Putri Puspita, Jumat, 28 April 2017 | 08:59 WIB
Nagoya Castle, destinasi wisata menarik di Jepang. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Keunikan budaya dan tradisi Jepang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu tempat bersejarah yang dibuka sebagai tempat wisata adalah Nagoya Castle. Kastil ini terletak di kota Nagoya dan memiliki pemandangan yang begitu indah.

Istana kerajaan

Nagoya Castle yang dibangun pada awal zaman Edo atas perintah Tokugawa Ieyasu ini merupakan salah satu kastil terbesar di Jepang. Sepanjang sejarahnya, Nagoya Castle merupakan istana yang sering hancur lebur saat perang dunia II.

Bangunan Nagoya Castle dibangun pada tahun 1612 untuk pertahanan dan mengamankan posisi penting di jalan Tokaido serta menangkal serangan dari Osaka. Fungsi Nagoya Castle sebagai tempat pertahanan tetap berlanjut pada periode restorasi Meiji. Pada masa ini, Nagoya Castle menjadi benteng dan tempat tinggal tiga garis keturunan Tokugawa.

Bagian-bagian kastil

Saat ini, Nagoya Castle selalu menjadi tujuan utama saat para wisatawan berkunjung ke Nagoya. Nagoya Castle telah diubah menjadi museum modern yang sangat nyaman dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Arsitektur Nagoya Castle yang unik dan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kastil ini terdiri dari donjon utama, donjon kecil di sekitarnya, dan Hommaru Palace. Donjon utama Nagoya Castle terdapat 7 lantai yang dilengkapi dengan lift. Di lantai paling atas, pengunjung melihat pemandangan kota Nagoya dari atas ketinggian dan bisa belanja souvenir khas kastil ini. Souvenir yang banyak dijual di sini berbentuk Kinsachi atau Golden Shachihoko (ikan berkepala harimau emas) yang menjadi simbol Nagoya Castle dan terdapat di kedua ujung atap kastil ini.

Selain donjon utama, yang menarik dari kastil ini adalah Hommaru Palace yang terdapat di luar area donjon utama. Bangunan ini dikatakan menjadi tempat tinggal sebenarnya para shogun dengan susananya seperti zaman dulu. Homaru Palace mulai dibangun kembali pada tahun 2009 dan ditargetkan akan rampung seluruhnya tahun 2018 mendatang, dengan menghabiskan dana sebesar 150 milyar Yen.

Lumba-lumba emas

Salah satu benda yang paling terkenal dari Nagoya Castle adalah patung lumba-lumba berwarna emas yang dijuluki Kinshachi. Ikan lumba-lumba emas ini merupakan lambang penting saat masa sejarah yang dijadikan simbol otoritas para penguasa feodal di masa itu.

Ada juga patung yang disediakan untuk tempat berfoto di dalam kastil itu. Banyak wisatawan yang memanfaatkan spot ini untuk berfoto. 

Jika kalian ingin berwisata ke Nagoya Castle, sebelumnya harus membeli tiket masuk seharga 500 yen atau sekitar Rp 50.000. Datanglah sebelum pukul 16.00 karena tempat ini memiliki kases masuk terakhir pada jam tersebut. Jika datang ke Nagoya Castle pada musim semi, maka taman-taman di sekitarnya akan terlihat semakin indah karena banyak bunga yang bermekaran.