Lima Museum Mobil Unik di Dunia

By Danastri Permata Putri, Jumat, 28 April 2017 | 06:54 WIB
Museum Mobil Unik, Ilustrasi: i.ytimg.com (Danastri Permata Putri)

Museum-museum mobil ini bukan museum mobil biasa. Koleksi mobil di museum-museum ini terbilang unik. Dari mobil-mobil yang ada di film-film Hollywood, sampai mobil jenazah!

Volo Auto Museum

Museum ini didirikan oleh keluarga Grams pada tahun 1960. Letaknya di Illinois, Amerika Serikat. Museum ini menyimpan koleksi-koleksi mobil kuno hingga klasik. Yang membuatnya menarik, di sini terdapat mobil-mobil yang digunakan untuk film-film Hollywood dan mobil-mobil orang terkenal seperti selebritis. Selain itu, beberapa mobil di sini ternyata bisa dibeli, lho. Ada juga koleksi mobil yang berbentuk gitar dan piano.

International Monster Truck Museum and Hall of Fame

Sesuai dengan namanya, monster truck adalah truk dengan ukuran yang sangat besar. Truk ini memiliki daya angkut yang luar biasa, hampir 20 kali lipat daya angkut truk biasa. International Monster Truck Museum and Hall of Fame terletak di Auburn, Indiana, Amerika Serikat. Museum ini dibangun oleh Jeff Cook, seorang pecinta monster truck. Koleksi di museum ini cukup lengkap, dari monster truck keluaran pertama, sampai yang paling modern.

Military Vehicle Technology Foundation

Museum besar ini terletak di California, Amerika Serikat. Museum ini didirikan oleh seorang penggila tank, Jacques Littlefield, pada tahun 1975. Di sini, terdapat berbagai koleksi kendaraan perang Amerika Serikat. Karena merupakan kendaraan perang, tentu saja yang ada di sini, semua kendaraannya berukuran besar, seperti tank dan kendaraan-kendaraan amfibi.

Los Angeles County Fire Museum

Museum ini didedikasikan untuk menyimpan dan merawat mobil-mobil pemadam kebakaran tua yang bersejarah di Amerika Serikat. Letak museum ini di Bellflower, California. Los Angeles County Fire Museum memiliki sekitar 60 kendaraan pemadam kebakaran, mulai dari yang diproduksi tahun 1860 sampai yang diprduksi pada tahun 2000an. Sayangnya, bangunan museum otomotif ini sudah mulai penuh dan tidak cukup lagi diisi dengan koleksi baru.

National Museum of Funeral History

Museum unik yang terakhir ini terletak di Texas, Amerika Serikat. Salah satu tujuan museum yang dibuka pada tahun 1992 ini adalah untuk mendidik masyarakat dan melestarikan warisan perawatan seputar pemakaman. Museum ini didedikasikan untuk menyimpan mobil-mobil jenazah. Di sini, kita dapat menemukan kereta kuda pembawa jenazah dari zaman dulu, sampai mobil yang dikendarai Ronald Readen saat ia tertembak sniper.