Ternyata Ini Alasan Mengapa Kita Sering Buang Air Kecil Ketika Cuaca Dingin

By Putri Puspita, Minggu, 30 April 2017 | 02:00 WIB
Toilet darurat di tempat wisata. Sumber foto: texasjohn.com (Putri Puspita)

Pernahkah kamu jalan-jalan di pegunungan yang dingin? Ketika berada di tempat yang dingin, kita akan lebih sering buang air kecil. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Respon tubuh

Buang air kecil merupakan salah satu respon rutin yang dilakukan tubuh manusia. Tujuannya untuk membuang air yang berlebihan, membuang racun dan zat sisa lain yang tidak diperlukan tubuh manusia. Normalnya, manusia akan buang air kecil lebih dari satu kali tiap harinya.

Banyak minum air

Intensitas buang air kecil ditentukan oleh banyaknya air yang diminum, kadar air dalam tubuh, dan kondisi tubuh manusia. Ketika kita banyak minum air, kita juga akan lebih sering pergi ke toilet untuk buang air kecil. Namun ketika kita banyak berkeringat, intensitas buang air kecil akan menurun karena kelebihan air dalam tubuh dan zat sisa juga dapat dibuang melalui keringat.

Pori-pori keringat menutup

Ketika cuaca dingin, pori-pori tubuh menutup agar tubuh tetap hangat. Menutupnya pori-pori tubuh mencegah keluarnya keringat. Kelebihan air dan zat sisa hanya bisa dikelurkan melalui air seni. Oleh karena itu, ketika cuaca dingin kita akan lebih sering pergi ke toilet untuk buang air kecil.