Ternyata Ini Alasan Nasi yang Dikunyah Terasa Manis

By Putri Puspita, Sabtu, 16 September 2017 | 06:35 WIB
Walau dikunyah tanpa makanan lain, nasi terasa manis. (Putri Puspita)

Cobalah kamu ambil satu sendok nasi dan kunyah terus hingga lumat. Nasi yang awalnya hambar akan mulai terasa manis. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Makanan Pokok Kita

Nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang sangat digemari karena rasanya yang nikmat. Nasi akan terasa nikmat bila dimakan bersama lauk, seperti ikan, telur, daging dan sayur. Bahkan, nasi juga akan tetap terasa nikmat meskipun hanya dimakan dengan sambal seadanya.

Dicerna Menjadi Gula

Nasi merupakan sumber energi karena tersusun atas karbohidrat. Nasi akan dicerna menjadi gula di dalam saluran pencernaan. Gula hasil pencernaan tersebut kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk menggerakkan tubuh.

Pencernan nasi dimulai dari mulut. Gigi akan melumat nasi ketika kita mengunyah. Bersamaan dengan itu, enzim ptialin dalam ludah akan membantu mengubah karbohidrat nasi menjadi gula. Gula-gula yang dihasilkan dari pencernaan oleh enzim ptialin itulah yang memiliki rasa manis. Itulah alasan mengapa nasi yang dikunyah hingga lumat akan terasa manis.

Ternyata bukan hanya nasi yang bisa terasa manis di mulut. Sumber karbohidrat lain, seperti ubi, singkong dan sagu juga dapat terasa manis bila dikunyah terus menerus hingga lumat.