Mengapa Kita Wajib Menggunakan Seragam Sekolah?

By Yomi Hanna, Minggu, 30 April 2017 | 01:39 WIB
Seragam siswa sekolah dasar. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Hanna Vivaldi)

Sebagai murid di sekolah, kita diwajibkan menggunakan seragam sekolah. Baik murid yang bersekolah di sekolah negeri maupun sekolah swasta. Padahal di negara lain banyak, lo, yang tidak mewajibkan murid sekolahnya memakai seragam.

Lalu mengapa kita di Indonesia wajib memakai seragam? Ternyata inilah alasannya.

1. Untuk membedakan tingkatan Seragam sekolah dibuat untuk membedakan tingkatan pendidikan. Misalnya murid sekolah dasar (SD) menggunakan seragam putih merah, murid sekolah menengah pertama (SMP) mengenakan putih biru, dan anak sekolah menengah atas (SMA) memakai seragam putih abu-abu.

2. Melatih kedisiplinan Mengenakan seragam setiap hari di sekolah melatih kita untuk disiplin. Kita juga dilatih untuk terbiasa taat perturan dengan memakai pelengkap seragam seperti dasi, topi, label nama dan sekolah, sepatu, dan kaus kaki.

Nah, semakin lengkap kita menggunakan seragam setiap harinya sesuai dengan aturan sekolah, itu berarti kita sedang melakukan sikap taat dan disiplin. Sikap ini sangat berguna bagi diri kita di masa depan.

3. Ciri khas sekolah  Selain seragam yang biasa, beberapa sekolah juga membuat seragam khusus. Seragam ini biasanya menjadi ciri khas dari suatu sekolah.

Dengan adanya seragam khusus ini, biasanya murid-murid akan dilatih untuk bersikap baik dan menjaga kesopanan di luar sekolah jika sedang mengenakannya. Ini karena mereka tidak mau membuat nama sekolah menjadi buruk di depan orang lain.

4. Tidak membeda-bedakan Seragam sekolah memang dibuat untuk menyeragamkan seluruh murid, tidak membeda-bedakan. Misalnya murid dari keluarga yang mampu atau kurang mampu tidak ada bedanya, mereka memakai seragam yang sama.

Bagaimana ya, seandainya sekolah tidak mewajibkan muridnya memakai seragam sekolah?

Tidak semua murid bisa menggunakan pakaian yang bagus ke sekolah. Ini tentunya akan membuat beberapa murid menjadi rendah diri karena pakaian yang dia punya mungkin biasa-biasa saja. Adanya perasaan seperti itu dapat menghambat kegiatan belajar sekolah.

Karena itu, nikmatilah saat-saat kamu bisa menggunakan seragam sekolah! Karena dengan menggunakan seragam itu, kamu bisa belajar menjadi anak yang disiplin dan dapat saling menghargai satu sama lain.