5 Alasan Pentingnya Meneruskan Sekolah

By Putri Puspita, Selasa, 2 Mei 2017 | 03:00 WIB
Sekolah itu asik. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Bersekolah adalah pintu membuka dunia yang luas tanpa batas. Alasan inilah yang sejak dulu membuat pendidikan dan sekolah diperjuangkan. Bayangkan saja, ketika kita tidak bersekolah, tidak bisa membaca, dan menulis. Apa jadinya ya? Ternyata sekolah itu membantu kita untuk mempermudah hidup loh. Nah, ini adalah tiga alasan pentingnya meneruskan sekolah.

1. Berkenalan dengan dunia

Umumnya, sejak berusia lima tahun, anak-anak mulai memasuki sekolah taman kanak-kanak, kemudian berlanjut ke sekolah dasar, lalu sekolah menengah. Jenjang ini mempersiapkan anak untuk memiliki “pengetahuan dasar” yang penting untuk kehidupan.

Melalui sekolah kita diajarkan untuk mengenal buku sebagai gudang ilmu dan jendela dunia. Lewat buku, kita bisa melihat berbagai sisi dunia, negara-negara yang belum kita kunjungi. Di sekolah juga ada guru, seseorang yang lebih dulu hidup di dunia dan bercerita mengenai betapa menariknya kehidupan ini, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan alam yang luas. Buku dan guru adalah dua hal penting untuk berkenalan dengan dunia melampaui kemampuan kita memandang ataupun berkunjung ke berbagai tempat.

 

2. Pertemanan yang Luas

Hal yang menyenangkan dari sekolah adalah tempat bertemu dengan teman-teman. Setiap tahunnya kita kedatangan adik kelas yang menjadi teman baru. Sekolah menjadi tempat bertemu dengan teman, bermain bersama, dan bersahabat.

Bahkan bukan hanya di dalam sekolah loh! Kadang, ketika ada kegiatan antar sekolah, seperti perkemahan bersama, kegiatan lomba, atau lainnya, kita juga berkesempatan bertemu dengan teman dari berbagai daerah bahkan negara. Sekolah menjadi pintu masuk bertemu banyak orang.

3. Masa depan cerah

Sekolah membantu kita untuk merancang masa depan. Mau jadi apa ya kalau sudah besar nanti? Ada begitu banyak profesi yang bisa teman-teman pilih. Disinilah peran sekolah untuk memberikan pengetahuan dan semangat untuk meraih cita-cita tersebut. Bersekolah membantu kita untuk mengenal cita-cita, bahkan mewujudkannya. Bersekolah membuat kita punya pengetahuan dan keterampilan yang membuat kita jadi orang istimewa.

4. Menolong Sesama

Bukan hanya untuk diri sendiri, dengan bersekolah kita menjadi punya pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa membantu orang lain. Bayangkan saja mesin-mesin yang tercipta untuk memudahkan kehidupan, semuanya berawal dari belajar di sekolah. Lalu, orang-orang hebat, seperti guru, dokter, presiden, semuanya juga mulai belajar dari sekolah lalu bisa bermanfaat untuk kehidupan banyak orang.

 

5. Meneruskan Semangat Pahlawan

Pendidikan adalah suatu hal yang diperjuangkan sejak dulu, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Banyak rakyat Indonesia yang begitu ingin bersekolah, ingin membaca buku, dan ingin mengenal dunia lebih luas, tetapi dulu sangat sulit mewujudkan hal itu.

Rakyat Indonesia berjuang bersama hanya untuk bisa bersekolah hingga akhirnya terwujudlah banyak sekali sekolah di Indonesia. Nah, sekarang kita harus meneruskan semangat tersebut, menghargai jasa pahlawan yang sudah susah payah memperjuangkan pendidikan agar Indonesia bisa lebih maju.