3 Hal Ini Jadi Ciri Khas Kota Semarang

By Putri Puspita, Selasa, 2 Mei 2017 | 04:12 WIB
Indahnya Kota Semarang. Foto: okezone.com (Putri Puspita)

Semarang sedang merayakan hari jadinya yang ke 407 tahun. Wah, sudah lebih dari 4 abad ya kota ini berkembang. Nah, ada tiga hal ini yang menjadi ciri khas Kota Semarang. Yuk, kita simak!

1. Pasar Johar, pasar terbesar di Asia Tenggara

Ternyata pasar terbesar di Asia Tenggara ada di Indonesia, tepatnya di Kota Semarang. Pasar Johar memiliki luas 1.5 hektar. Selain luas, pasar ini juga memiliki arsitektur yang indah, bahkan ada sentuhan arsitektur dari Belanda.

2. Kampung Pelangi, keceriaan yang dibagi

Cat warna-warni sudah dapat kita lihat ketika berkunjung ke kampung ini. Hm, warga begitu kreatif memberi warna-warni pada rumahnya masing-masing. Hal ini pun mengundang banyak orang datang untuk melihat kampung ini dan tentu saja berfoto ria. Sampai saat ini, Kampung Pelangi terus dicat warna-warni, bukan hanya dinding rumah, bahkan sampai bagian-bagian jembatan, jalanan, dan jajaran pot bunga juga di cat warna-warni.

3. Bandeng tulang lunak, oleh-oleh favorit

Oleh-oleh yang ditunggu selepas melancong ke Semarang tentu saja bandeng tulang lunak. Rasanya yang lezat membuat para pengunjung tak bisa melewatkannya. Bahkan, kota Semarang bisa menghabiskan lebih dari 10.000 ribu bandeng dalam satu tahunnya untuk memenuhi permintaan konsumen.  Usaha bandeng tulang lunak atau yang dikenal dengan nama bandeng presto ini sudah ada sejak tahun 1977.