5 Fakta Menarik Seputar Telur yang Jarang Diketahui

By Putri Puspita, Rabu, 3 Mei 2017 | 09:18 WIB
Fakta-fakta seputar telur. Foto: kompas.com (Putri Puspita)

Kamu suka makan telur? Telur memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Makanan ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk, mulai dari direbus, digoreng, disambal, dan lain-lain. Berikut adalah 5 fakta seputar telur yang jarang diketahui.

1. Menguji kesegaran telur

Kita menguji apakah telur sudah tua atau masih baru dengan cara memasukkan telur ke dalam gelas yang penuh air. Jika telur masih segar, ia akan tenggelam ke dasar gelas. Jika sudah tua, telur akan tetap di permukaan.

2. Telur bisa tahan lama

Telur bisa tahan lama. Sampai tiga atau lima minggu setelah tanggal kadaluarsa telur masih bisa dinikmati. Telur biasanya berbau, ini kemungkinan karena pada kulitnya ada 17.000 pori-pori, sSehingga bau yang ada disekelilingnya bisa terserap oleh telur.

3. Bercak merah di dalam telur

Jika melihat bercak warna merah di dalam telur, tidak perlu khawatir. Itu hanya sisa pembuluh darah dalam kuning telur, dan bisa dimakan.

4. Sudah dimasak atau belum?

Bagaimana cara membedakan sebuah telur sudah dimasak atau belum? Caranya, putar saja telur itu. Telur yang mentah atau setengah matang putarannya tidak merata, karena cairan di dalamnya bergerak-gerak. Telur yang matang putarannya lebih teratur.

5. Putih telur dan kuning telur

Putih telur mengandung 57 persen protein yang dikandung telur. Sementara kuning telur, disamping mengandung protein dan vitamin B, juga mengandung vitamin A, D, dan E. Kedua bagian telur ini bermanfaat untuk tubuh.