Berbagi Ilmu itu Mudah

By willa widiana, Rabu, 3 Mei 2017 | 04:18 WIB
Berbagi Ilmu itu Mudah (willa widiana)

Apakah kamu sekolah? Apakah kamu makan tiga kali sehari? Apakah kamu masih bisa bermain bersama teman-teman? Jika iya, kamu harus beryukur. Beberapa teman kita ada yang tidak sekolah, tidak bisa makan 3 kali sehari, dan tidak bisa bermain karena harus bekerja untuk membantu orangtuanya. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berbagi ilmu. Bagaimana caranya?

1. Mengajarkannya secara langsung

Saat pulang dari sekolah, kamu pasti mendapat pelajaran atau materi baru dari guru. Nah, materi baru itu bisa kamu ajarkan kepada teman kamu yang tidak sekolah. Selain itu, kamu juga bisa berbagi ilmu dengan teman kamu yang belum mendapat materi itu.

Membantu teman atau adik memahami pelajaran yang tidak dimengerti juga sudah termasuk ke dalam kegiatan berbagi ilmu, lo.

2. Mengajarkan lewat internet

Kamu juga bisa berbagi ilmu dengan teman yang ada di luar daerah melalui internet. Ilmu yang diajarkan bisa beragam, misalnya mengajarkan bahasa daerahmu, mengajarkan kebudayaan atau lagu daerahmu, hingga mengajarkan kondisi geografis di tempat tinggalmu.

3. Kepada siapa saja

Ilmu yang kita ajarkan bisa diberikan kepada siapa saja, misalnya teman sekolah, teman di sekitar rumah, atau kepada bibi yang menjaga rumah. Untuk bibi yang menjaga rumah, kamu bisa mengajarkan cara menggunakan email atau video call. Jadi, bibi yang menjaga rumahmu bisa bertukar kabar dengan keluarganya di kampung.

Ilmu yang kita miliki akan lebih bermanfaat jika kita membaginya dengan orang-orang sekitar. Jadi, ayo berbagi ilmu, karena berbagi ilmu itu mudah.

Ilustrasi: Ode, Sumber: Press Conference Pesta Pendidikan (PeKan)