5 Aplikasi untuk Mengamati Benda Langit

By Sylvana Toemon, Rabu, 3 Mei 2017 | 09:11 WIB
Galaksi Andromeda dilihat dari aplikasi khusus untuk mengamati benda langit (Sylvana Toemon)

Apakah kamu suka tentang antariksa? Atau kamu bercita-cita menjadi astronaut? Atau kamu ingin menjadi ahli astronomi? Kalau iya, artinya kamu harus mengenal benda-benda langit mulai sekarang. Nah, 5 aplikasi berikut ini bisa membantumu mengamati benda langit.

1. Sky Map

Dengan aplikasi ini kita dapat melihat benda-benda langit walaupun pandangan kita tertutup awan. Aplikasi ini juga dapat digunakan di dalam ruangan. Caranya dengan mengarahkan gawai kita menghadap langit, maka akan terlihat benda-benda langit di arah tersebut. Ada juga fitur zoom out dan zoom in sehingga kita dapat melihat benda langit dengan lebih jelas.

2. Sky Portal

Cara operasi aplikasi ini mirip dengan Sky Map. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu pencarian dan aneka informasi tentang benda langit. Kita juga dapat melihat benda langit di waktu yang berbeda dengan saat sekarang. Misalnya, kita tidak sempat melihat hujan meteor dan ingin melihatnya. Nah, tinggal set waktunya dan lihat hasilnya.

3. Star Chart

Aplikasi ini dapat mengamati benda langit dengan cara mengarahkan ke langit. Kita dapat mengamati benda-benda langit dari tempat kita berada. Kita dapat melihat informasi aneka benda langit dengan mengklik gambar benda langit yang terlihat. Informasi pada aplikasi ini sangat lengkap, sehingga memakan lebih banyak memori di gawai kita.

4. NASA App

Aplikasi ini buatan badan antariksa NASA. Selain dapat melihat benda langit, pada aplikasi ini juga banyak artikel tentang astronomi. Foto dan video tentang antariksa menjadi bagian dari aplikasi ini. Para astronaut yang sedang bertugas di luar angkasa juga sering berbagi informasi lewat aplikasi ini.

5.Pocket Planet

Kita dapat melihat dengan jelas bentuk planet-planet dalam Tata Surya. Tidak hanya salah satu sisinya, lo. Aplikasi ini dapat melihat secara 3 dimensi. Selain tentang planet yang menjadi bagian Tata Surya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui benda langit lainnya.

Aplikasi ini selain menambah pengetahuan, juga menyenangkan, lo. Apakah kamu sudah mencobanya?