Ternyata, Gandum Bisa Ditanam di Indonesia

By Putri Puspita, Kamis, 4 Mei 2017 | 06:17 WIB
Panen gandum di Kabupaten Semarang. Sumber foto: kompas.com (Putri Puspita)

Impor gandum sebagai bahan baku tepung terigu terus meningkat. Akhirnya, gandum dicoba ditanam di Indonesia. Hm, bagaimana ya hasilnya?

Dimulai Tahun 2000

Penanaman gandum di Indonesia sudah dimulai pada awal abad 20 secara terbatas di Jawa, yaitu di Pengalengan, Dieng, Tengger, dan Amanumbang. Selain di Jawa, gandum juga coba ditanam di Nusa Tenggaa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Benih dari India dan Slovakia

Benihnya gandum yang ditanam di Indonesia diambil dari India. Kita pun harus belajar dari India karena dulunya India bukan produsen gandum, tetapi sekarang menjadi nomor dua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat. India mengawalinya dengan menambil benih dari Mexico

Selain dari India, juga ditanam gandum dari Slovakia pada tahun 2011 di 20 tempat di Sumatera Barat. Usaha ini adalah usaha percobaan menanam gandum di daerah Sumatera.

Tantangan

Impor gandum Indonesia sekitar 5,85 juta ton atau setara dengan kebutuhan terigu 4,3 juta ton. Namun, luas tanaman gandum di Indonesia tak pernah berkembang dan tak pernah melampaui luas lahan 2.000 hektar per tahun. Saat ini bahkan hanya  tersisa beberapa hektar saja.

Penyebabnya adalah tidak ada penampungan hasil gandum. Selain itu, tak ada upaya khusus dari pemerintah untuk mengembangkan gandum padahal sumber daya alam ini sangat bermanfaat dan bernilai tinggi ketika diolah.