Banyak Manfaat Mengunjungi Museum

By Putri Puspita, Kamis, 4 Mei 2017 | 06:43 WIB
Museum Fatahilah di Jakarta Kota. Foto: jakartakita.com (Putri Puspita)

Museum mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi? Berkunjung ke museum bisa menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan. Ada berbagai macam benda yang bisa kita lihat, seperti lukisan, benda purbakala, diorama, bahkan ada juga yang menampilkan teknologi terbaru.

Jalan-jalan ke masa lampau

Masa lampau tentu saja yang sudah berlalu. Kita tidak ada di sana untuk menyaksikan langsung apa yang terjadi. Dengan ke museum, kita bisa menyaksikan potongan cerita yang terjadi saat itu. Contohnya, ketika zaman batu, di museum kita bisa melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak atau berburu.

Bersyukur

Pergi ke museum juga dapat memupuk rasa syukur kita. Apalagi, ketika ke museum yang menggambarkan kehidupan manusia masa lampau dan zaman perang. Kita akan merasa kalau kehidupan saat ini sudah jauh lebih baik dan lebih mudah.

Belajar, lebih dari membaca

Jika pada buku sejarah kita membaca cerita dan melihat gambar-gambar ilustrasi, tetapi dengan berkunjung ke museum, kita bisa melihat langsung benda-bendanya. Hal ini membuat kita lebih bisa membayangkan suasana yang terjadi pada masa itu.

Melihat dunia lebih luas

Museum memperlihatkan kita perkembangan dunia yang lebih luas, lebih dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Bahkan, sampai kejadian di luar negeri. Museum membantu kita melihat berbagai macam dimensi tempat, dimensi waktu, dan juga hal lainnya yang lebih luas.

Di Indonesia, ada banyak sekali museum. Kata bisa memilihnya untuk menjadi tujuan wisata saat berlibur atau pada saat study tour. Ayo, kita ke museum!