Anak-Anak Panti Asuhan Ini Tinggal di Dalam Rumah Tanah

By willa widiana, Jumat, 5 Mei 2017 | 22:08 WIB
Panti Asuhan Unik (willa widiana)

Panti asuhan unik itu bernama St. Jerome's Centre. Panti asuhan itu berada di Nakuru, Kenya. Tempat ini dibangun bagi anak-anak yang ditinggalkan orangtua mereka. Panti asuhan ini secara resmi dibuka pada 18 Januari 2012.

Dindingnya dari tumpukan tanah

Yang membuat panti asuhan ini unik adalah bahan bangunannya. Dinding panti asuhan ini terbuat dari tumpukan karung bekas yang diisi tanah. Dindingnya memang sengaja dibangun seperti itu. Konon, dinding unik itu bisa menyerap panas di saat siang dan menahan dingin saat malam.

Setiap ruangan di tempat ini hanya bisa menampung empat orang. Ruangan-ruangan tersebut juga menggunakan cahaya alami. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan sistem pemanenan air hujan. Jadi, air hujan tersebut bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Orkidstudio

Bangunan unik itu didirikan oleh Orkidstudio (organisasi kemanusiaan yang fokus terhadap anak-anak dan masyarakat). Organisasi ini sudah didirikan sejak 2008.

Untuk membangun panti asuhan St. Jerome's Centre, organisasi ini dibantu oleh mahasiswa jurusan arsitektur. Setiap harinya ada sekitar 70 orang yang membantu membangun panti asuhan unik tersebut.

Foto: kompas.com