Mengapa Rambut Bisa Berubah Menjadi Putih?

By Yomi Hanna, Jumat, 5 Mei 2017 | 06:54 WIB
Rambut berubah warna menjadi putih atau abu-abu ketika tua. (Foto: clipartfest.com) (Hanna Vivaldi)

Saat masih muda, rambut kita berwarna hitam gelap. Tetapi ketika tua, warna rambut tersebut berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Rambut dengan warna seperti itu sering kita sebut dengan uban. Mengapa warna rambut kita berubah seiring usia yang bertambah?

Penyebab tumbuhnya uban

Rambut berubah warna disebabkan berkurangnya melanin dalam keratin yang ada pada rambut. Apa itu melanin dan keratin?

Melanin adalah zat protein yang dihasilkan oleh sel melanosit di dalam tubuh, inilah yang menentukan warna pada rambut atau kulit manusia. Sedangkan keratin adalah sel-sel protein yang membentuk rambut kita.

Ternyata semakin manusia menua, sel melanosit tidak menghasilkan melanin (zat protein pembuat warna) lagi. Sehingga jumlah melanin semakin menurun dan lama-kelamaan rambut kita berubah warna menjadi putih tau abu-abu.

Tetapi mengapa ada orang yang masih berusia muda tetapi sudah beruban? Ternyata inilah alasannya.

1. Banyak pikiran

Orang yang sedang banyak pikiran hingga menjadi stres dapat menghambat kerja sel melanosit untuk menghasilkan melanin yang membuat rambut kita menjadi beruban.

Tetapi ini hanya sementara saja, ketika pikiran kita sudah tidak stres lagi, maka sel melanosit akan kembali menghasilkan melanin seperti semula. Sehingga uban yang ada menjadi berkurang.

2. Karena lingkungan dan kesehatan

Kebiasaan merokok, sering terkena sinar ultraviolet, dan polusi udara dapat menyebabkan uban tumbuh lebih awal.

Selain itu, gangguan proses kimia yang ada di dalam tubuh manusia (metabolisme) serta menurunnya tingkat kesehatan juga bisa menambah jumlah uban di kepala.

3. Diturunkan dari orangtua

Rambut berubah pada usia muda bisa saja karena faktor keturunan. Misalnya ada orangtua yang memiliki masalah rambut seperti itu di usianya yang masih muda, maka terkadang itu diturunkan ke anak atau cucunya.