Perjalanan Air Sungai

By willa widiana, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:19 WIB
Perjalanan Air Sungai (willa widiana)

Kamu mungkin pernah bertanya, darimana air sungi berasal? Lalu, kemana air sungai mengalir?

Berbagai sumber

Air yang mengalir di sungai biasanya berasal dari sumber mata air yang ada di dalam tanah. Tetapi, bisa juga berasal dari hujan, es/salju yang mencair. Sungai biasanya mengalir dari puncak gunung menuju daerah yang lebih rendah dan berakhir di laut.

Menjadi satu

Air yang mengalir dari sumber mata air, es/salju yang mencair, dan puncak gunung biasanya tidak terlalu besar. tetapi, di tengah jalan, aliran air itu bertemu dengan aliran air yang lain. Saat bergabung, aliran air itu akan bertambah besar.

Mengikis

Saat mengalir, air yang ada di sungai akan mengikis lumpur, pasir, dan batuan  yang ada di sungai. Saat mendekati laut, sungai akan mengalir di daerah yang datar. Di saat itulah, lumpur, pasir, dan batuan yang dibawa oleh sungai akan mengendap dan membentuk delta.

Setiap sungai memiliki panjang yang berbeda. Jumlah air yang dialirkan setiap sungai berbeda. Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil, panjangnya mencapai 6.695 km.

Nah, kalau sungai yang mengandung air paling banyak adalah Sungai Amazon. Setiap detiknya, Sungai Amazon mengangkut 120.000 meter kubik air ke Samudera Atlantik.

Ilustrasi: Ode