Fakta Seputar Gunung

By willa widiana, Jumat, 5 Mei 2017 | 23:00 WIB
Fakta Seputar Gunung (willa widiana)

Gunung merupakan salah satu hal yang luar biasa, karena menyimpan banyak keindahan. Selain menyimpan keindahan, gunung juga menyimpan beberapa fakta menarik.

Diselimuti es

Gunung yang tinggi biasanya diselimuti oleh es/salju (meskipun sedang musim panas). Hal itu tidak aneh, karena setiap naik 1.000 meter, suhu udara akan turun 5 derajat celcius. Jika tinggi gunung mencapai 4.000 meter, maka suhu udaranya akan turun 20 derajat celcius.

Gunung berapi

Gunung berapi biasanya ada di daerah pertemuan lempeng. Di bumi, ada sekitar 1.300 gunung berapi aktif. Dalam satu tahun, ada 20 – 30 gunung berapi yang meletus di seluruh dunia. Oiya, gunung berapi juga ada yang mati (tidak akan meletus).

Beda bentuk

Setiap gunung memiliki bentuk yang berbeda, ada yang berbentuk segitiga, kubah, dan landai di bagian puncaknya. Bentuk gunung itu biasanya dipengaruhi oleh beberapahal, seperti hujan, cuaca, angin, dan kejadian-kejadian alam lainnya.

Di laut

Gunung juga ada di dalam laut. Beberapa gunung laut itu ada yang menjulang keluar, misalnya Gunung Mauna Kea yang ada di Hawaii. Tinggi gunung ini mencapai 10.203 meter, tapi hanya 4.205 meter yang muncul ke permukaan laut. Sisanya ada di dalam air.

Illustrasi: Ode