Di Tangan Pakar Mikrobiologi, Susu Bisa Dibuat Kain

By Putri Puspita, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:23 WIB
Kain yang terbuat dari protein susu. Foto: http://www.dw.com (Putri Puspita)

Ternyata susu juga bisa digunakan untuk membuat kain, lo. Seorang desainer bernama Domaske mengguankannya untuk membuat kain susu.                                                                                                                                                               

Anke Domaske

Anke Domaske adalah seorang desainer yang merancang baju-baju yang terbuat dari susu, tepatnya dari protein susu. Domaske adalah desainer yang juga pakar mikrobiologi. Ia memanfaatkan ilmu yang ia miliki untuk membuat terobosan baru. Sama seperti kain pada umumnya, Domaske membuat kain dalam berbagai warna.

Cara membuat

Domaske mulai mengolah idenya di dapur, saat baru lulus kuliah jurusan mikrobiologi. Mixer, termometer besar untuk membuat selai, dan bubuk protein susu dibelinya di toko. Tujuannya: menghasilkan serat yang bisa digunakan untuk membuat pakaian.

Setelah susu menjadi asam, di bagian bawah ada air dadih dan dib agian atas gumpalan putih. Inilah yang disebut protein susu. Setelah dipisahkan diperoleh dadihnya yang dikeringkan menjadi bubuk protein susu. Bubuk ini dicampur menjadi adonan yang dipres dalam spuyer untuk memperoleh serat yang sangat halus. Serat diolah menjadi benang dan pada akhirnya menjadi baju cantik.

Istimewanya kain dari susu

Kain yang terbuat dari susu memiliki tekstur yang lembut,  hampir seperti sutera. Tenang saja, kain ini tidak akan berbau seperti susu, walaupun banyak orang mengkhawatirkan bahwa kain ini akan bau amis.