5 Cara Unik Melatih Otak

By Putri Puspita, Jumat, 5 Mei 2017 | 07:28 WIB
Otak harus dilatih. Foto: kompas.com (Putri Puspita)

Otak yang cerdas membantu kita mudah untuk belajar hal baru. Otak yang cerdas diperoleh dari latihan-latihan menggunakan otak secara maksimal. Berikut ini 5 cara unik untuk melatih otak kita.

1. Lewat jalan yang tidak biasa

Berpetualang juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otak. Ketika kamu melewati jalan pulang yang tidak biasa, kamu akan mencoba untuk mengingat-ingat peta atau memperkirakan di mana kamu berada.

2. Mencoba resep masakan baru

Memasak juga menjadi salah satu cara untuk melatih kerja otak. Apalagi ketika kamu mencoba resep masakan baru. Mencoba resep baru dapat membuatmu lebih banyak berpikir tentang bahan dan seberapa banyak bahan tersebut dibutuhkan.

3. Membaca buku yang tidak biasa

Kamu suka membaca? Nah! Ternyata membaca buku bisa melatih otak, apalagi ketika kamu mencoba untuk membaca buku dengan topik yang baru. Contohnya, kamu suka topik ilmu pengetahuan alam, tetapi kamu mencoba mengerti buku sejarah. Di sini otak akan terlatih untuk bekerja.

4. Berbelanja di swalayan baru

Cobalah berbelanja di swalayan yang tidak biasa kamu kunjungi. Pasti kamu bingung mencari barang yang ingin kamu cari. Hal ini juga membantu melatih otak untuk memperkirakan barang yang kamu cari ada di kelompok apa yah.

5. Bermain gim yang butuh strategi

Bermain gim juga kegiatan yang melatih otak, terutama gim  yang menggunakan strategi. Tapi ingat, tidak boleh terlalu sering ya bermain gim.

Selamat melatih otak!