Ayo Berenang dengan Hati Riang

By Eka Kartika, Sabtu, 6 Mei 2017 | 11:42 WIB
Suasana di kolam renang, Foto: Eka Kartika (Eka Kartika)

Berenang  merupakan kegiatan yang menyenangkan. Berenang biasanya sering dijadikan sarana rekreasi untuk keluarga pada akhir pekan (hari libur). Tetapi apa manfaat berenang buat kita?

Alat berenang

Ketika akan berenang, jangan lupa membawa peralatan lengkap. Di antaranya adalah baju renang, kaca mata,dan  penutup kepala. Bagi teman - teman yang belum bisa berenang, jangan sampai lupa membawa pelampung.

Jika baru belajar berenang, maka peralatan wajibnya ditambah dengan kaki katak, yaitu satu alat bantu yang dipakai di bagian kaki. Pada  saat melakukan gaya renang bebas, pastinya akan melaju lebih cepat dengan menggunakan kaki katak. Lalu ada pedal hHand paddle) untuk melatih dan memperkuat tangan, dan biasanya digunakan untuk renang gaya bebas.Cara memakainya dengan memasukkan telapak tangan kedalam hand paddle dan mulailah untuk berenang.

Ada lagi alat berenang lainnya, yaitu pull boy. Biasanya pull boy dipakai untuk belajar gaya kupu-kupu yang berfungsi untuk membantu kaki yang sering tenggelam ketika kita baru belajar gaya kupu-kupu. Dengan menggunakan alat ini kaki bisa terangkat keatas. Cara menggunakanya dengan menjepit pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan gaya kupu-kupu

Manfaat berenang

Banyak orang yang menyukai olahraga ini, karena ada anggapan jika dengan berenang dapat mempercepat pertumbuhan serta memperkuat otot dan tulang anak - anak. Sehingga, orang-orang yang rutin berenang sejak kecil umumnya tumbuh besar dengan badan yang sehat. Postur tubuhnya tegap dan biasanya langsing.

Sebuah penelitian dari University of the Pacific, Amerika Serikat, menemukan hasil bahwa gerakkan renang mampu mengurangi frekuensi bernapas (agar bisa bernafas panjang) dan meningkatkan jumlah oksigen dari paru-paru menuju otot tubuh. Tidak heran, apabila penderita penyakit asma disarankan untuk melakukan olahraga berenang walau harus perlahan lahan.  Masih banyak manfaat lainnya yang oke punya, lo.

Cara berenang yang sehat dan baik

Lakukanlah pemanasan sebelum berenag, hal ini sangat penting untuk mencegah keram saat berenang. Pemanasan dengan gerakan yang ringan saja. Jangan pernah berenang di tempat kolam renang yang airnya memiliki bau yang tidak sedap, dan sebagainya. Jika mempunyai alergi, luka bakar ataupun infeksi, apalagi penyakit kulit, jangan coba-coba berenang karena bisa menyebabkan orang lain tertular, serta kondisi penyakit semakin parah. Jangan berenang di pantai setelah turun hujan yang sangat deras, karena beresiko menimbulkan penyakit. Bila berenang di pantai, janga lupa mendengarkan dan perhatikan setiap peringatan yang diberikan di pantai agar tidak terjebak dalam bahaya. Pokoknya jangan sampai teman - teman terpisah dari keluarga, ketika berada di pantai atau wahana air lainnya.