Bunga Kamboja Ternyata Tidak Berasal dari Kamboja

By Putri Puspita, Sabtu, 6 Mei 2017 | 11:55 WIB
Cantiknya Bunga Kamboja. Foto: http://selingkaran.com/ (Putri Puspita)

Wangi bunga kamboja membuatnya menjadi pilihan untuk ditanam di pekarangan. Dulunya, tanaman ini identik dengan tempat-tempat yang religius, tetapi saat ini sudah bisa ditemui di berbagai tempat. Nama bunga ini sama dengan nama sebuah negara, yaitu kamboja. Namun, ternyata bunga ini tidak berasal dari Kamboja lo!

Plumeria dari Amerika Tengah

Bunga kamboja ditemukan oleh Charles Plumier, seorang botanis berkebangsaan Perancis. Nama latin bunga ini akhirnya diambil dari nama belakang penemunya, yaitu  Plumeria.  Bunga ini tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.

Dibawa ke Indonesia

Bunga kamboja diperkirakan dibawa ke Indonesia oleh bangsa Portugis dan Belanda. Diperkirakan kamboja asli Indonesia adalah bunga kamboja yang berwarna putih dengan bagian dalam berwarna kuning di mana kuntumnya tidak terbuka penuh serta berukuran kecil. Keunggulan tanaman ini adalah bisa tumbuh subur di semua tempat dan mudah ditanam, yaitu dengan stek.

Jenis-Jenis bunga kamboja

Bunga kamboja mempunyai beberapa jenis, yaitu Plumeria Bali-Whirl, Plumeria Kok Putih, Plumeria Acuminata, Plumeria Cendana, dan Plumeria Acutifolia. Setiap jenis ini memiliki bentuk dan aroma yang berbeda. Ada juga Adenium Obesum, biasanya orang-orang menyebutnya dengan bunga kamboja Jepang. Bunga ini bukan berasal dari negeri sakura melainkan dari Benua Afrika,