Kenapa Dokter Mengenakan Pakaian Hijau di Ruang Operasi?

By Yomi Hanna, Selasa, 24 Oktober 2017 | 09:05 WIB
Pakaian dokter berwarna hijau di ruang operasi. (Foto: medicalogy.com) (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Operasi adalah bentuk pemeriksaan atau pengobatan yang dilakukan dokter dengan membuka atau membedah bagian tubuh pasien dengan sayatan.

Kemudian setelah pembedahan selesai dilakukan, bagian tubuh tadi ditutup dengan cara dijahit.

Pakaian Operasi Berwarna Hijau

Apakah Teman-teman pernah melihat pakaian dokter saat berada di ruang operasi? Para dokter dan perawat yang sedang bertugas memakai pakaian berwarna hijau.

Kira-kira kenapa ya mereka mengenakan baju hijau saat operasi? Dan kenapa tidak menggunakan warna putih saja seperti pakaian dokter yang digunakan sehari-hari?

Mencegah Halusinasi

Pada saat operasi dilakukan, pasti dokter akan menjumpai banyak darah. Nah, kalau dokter terlalu lama melihat situasi yang penuh dengan darah, maka bisa menyebabkan halusinasi.

Halusinasi adalah keadaan dimana kita sedang mendengar atau melihat sesuatu yang ternyata tidak ada atau tidak terjadi.

Menyegarkan Penglihatan Dokter

Selain itu, terlalu lama melihat warna merah juga bisa membuat dokter menjadi kurang peka terhadap warna merah serta membuat penglihatan menjadi kurang jelas.

Kejadian seperti ini dapat membuat dokter menjadi gagal dalam melakukan operasi karena tidak bisa melihat organ tubuh pasien dengan jelas.

Nah, pada abad ke-20 dibuatlah aturan penggunaan warna hijau pada seragam dokter saat operasi. Karena ternyata warna hijau dapat membuat menyegarkan penglihatan dokter ketika terlalu lama melihat warna merah pada darah.

Warna hijau juga bisa menetralkan warna merah karena warna hijau merupakan lawan dari warna merah dalam roda warna.