Tiga Fakta Unik Seputar Bahasa Indonesia

By Putri Puspita, Senin, 8 Mei 2017 | 07:26 WIB
Sumber foto: nasionalisme.com (Putri Puspita)

Bahasa Indonesia adalah salah satu alat yang mempersatukan lebih dari 700 suku di Indonesia. Hal itu telah dikumandangkan sejak Kongres Pemuda II tahun 1928. Berikut adalah fakta-fakta unik seputar Bahasa Indonesia.

1. Terus bertambah jumlahnya

Pada tahun 2015, Bahasa Indonesia memiliki 91 ribu kosa kata. Ternyata jumlah ini masih tergolong kecil jika dibandingkan dengan bahasa lainnya. Sehingga, pemerintah menargetkan jumlah kosakata bahasa Indonesia semakin lama akan semakin meningkat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhardi mengatakan pihaknya menargetkan Indonesia memiliki 181 ribu kosakata bahasa Indonesia.

2. Bahasa resmi kedua di Vietnam

Bahasa Indonesia, ternyata bukan hanya digunakan di Indonesia, tetapi juga di Vietnam. Pemerintah daerah Ho Chi Minh, Vietnam, mengumumkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua. Di kota ini, bahasa kita setara dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang. Jadi, kalau jalan-jalan ke Kota Ho Chi Minh, tidak akan terlalu sulit untuk berkomunikasi.

3. Keajaiban angka sepuluh

Perhatikan urutan di bawah ini!

1= Satu 2 = Dua 3 = Tiga 4 = Empat 5 = Lima 6 = Enam 7 = Tujuh 8 = Delapan 9 = Sembilan

Ada beberapa angka yang memiliki huruf depan yang sama, seperti Satu-Sembilan, Dua-Delapan, dan seterusnya. Ajaibnya ketika dua angka yang huruf depannya sama itu dijumlahkan, hasilkan akan “sepuluh. Ayo coba dihitung!