Ternyata 4 Buah Ini Bisa Dimakan Bersama Kulitnya, Lo

By Yomi Hanna, Senin, 8 Mei 2017 | 12:19 WIB
Kulit jeruk mengandung vitamin B. (Foto: holisticare.co.id) (Hanna Vivaldi)

Mengonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah-buahan tersebut dapat dimakan dengan cara dipotong-potong, dibuat menjadi jus, atau dimakan langsung.

Sebelum memakannya, biasanya kita akan membuang kulitnya dan hanya memakan daging buahnya saja.

Tapi tahukah teman-teman, ternyata beberapa kulit buah mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah, kira-kira kulit buah apa saja ya yang bisa kita makan?

1. Apel 

Sebelum memakan buah ini, kulit apel biasanya dikupas terlebih dahulu karena khawatir masih ada kotoran yang menempel pada buah itu.

Sebenarnya kulit apel bisa dikonsumsi bersama daging buahnya, hanya saja setelah dicuci bersih dulu. Tidak cukup membersihkan kulit apel dengan tisu, buah ini dapat dicuci menggunakan air yang mengalir dan sabun khusus untuk buah. Setelah itu dibilas sekali lagi dengan air matang.

Kulit apel mempunya kandungan senyawa pektin. Senyawa ini dapat membantu mengontrol kolesterol dan gula darah di dalam tubuh kita. Kulit buah ini juga kaya akan antioksidan quarscetin yang dapat melawan sel kanker dan sangat baik memperbaiki ingatan.

Tidak hanya itu, kulit apel juga mengandung serat yang banyak yang baik untuk perncernaan kita. 2. Pisang  Kulit buah pisang mengandung potasium yang dapat membantu sistem kerja organ tubuh dan menghilangkan pegal-pegal. Kulit pisang juga mengandung serotonin yang dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia serta dapat mengatur kerja usus.

Tidak hanya itu, di kulit buah ini juga megandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan C serta air. Wah, banyak sekali kandungan di kulit pisang ini ya! Jadi, kulit pisang ini boleh dimakan tapi tentu saja tidak dimakan langsung seperti buah apel. Kulit pisang dicuci terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan blender.

3. Kiwi  Kulit buah kiwi yang berbulu dan lumayan tebal ini mengandung antioksidan dan serat 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya.

Selain itu, kulit kiwi juga dapat dikonsumsi jika kita keracunan makanan serta sebagai bahan makanan anti penuaan.

Seperti kulit buah pisang, kulit kiwi dihaluskan dengan blender kemudian bisa dikonsumsi. 4. Jeruk  Kulit jeruk yang agak tebal ini ternyata dapat dikonsumsi sebagai anti kolesterol, mengatasi perut mulas, serta menyehatkan perncernaan. Kulit jeruk juga digunakan untuk menambah aroma dan cita rasa pada masakan puding.

Kulit jeruk mengandung vitamin B dan sangat baik dimakan bersama dengan buahnya yang mengandung vitamin C.