Begini Cara Terbentuknya Cangkang Telur

By Marisa Febrilian, Selasa, 9 Mei 2017 | 07:02 WIB
Cangkang Telur (Marisa Febrilian)

Bagaimana ya terbentuknya cangkang telur di dalam telur hewan?

Dari telurnya sendiri

Cangkang telur terbentuk dari telurnya sendiri. Misalnya saja telur ayam. Ketika telur sudah terbentuk di dalam tubuh induk ayam, telur itu kemudian dilapisi selaput tipis. Selaput tipis itu yang disebut membran. Pasti kamu pernah melihatnya. Saat mengupas telur rebus, kamu akan melihat lapisan tipis putih itu. Nah, itulah membaran luar atau juga yang disebut membran cangkang.

Menurut para peneliti, pembentukan kulit telur tergantung pada satu protein yang ditemukan di dalam indung telur ayam. Protein itu disebut ovocledidin-17 atau OC-17. Fungsi protein ini berguna untuk mempercepat pengembangan kulit telur itu sendiri.

Batang kalsit

Bagian pada membran luar itu, tumbuh batangan-batangan kalsit. Kalsit adalah zat kalsium karbonat yang mengkristal. Batangan-batangan kalsit itu tumbuh berjajar rata pada seluruh permukaan telur. Sebenarnya, kristal kalsit ini ada di berbagai tulang dan tempurung. Tetapi, kristal kalsit lebih cepat terbentuk di dalam ayam. O iya, kebanyakan unggas mampu menghasilkan 6 gram kulit telur setiap 24 jam.

Jadi, cangkang telur itu terbentuk dari batangan-batangan kalsit yang tumbuh berjajar rata pada seluruh permukaan telur.