Kebun Raya Cibodas

By willa widiana, Selasa, 9 Mei 2017 | 04:18 WIB
Kebun Raya Cibodas (willa widiana)

Kebun Raya Cibodas atau Botanical Garden terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur.

Sejak 1852

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor yang terletak di kaki Gunung Gede. Topografi lapangannya pun bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

Kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan. Selain itu, ada pula tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Di dalamnya mencakup tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam yang di dalamnya terdapat air terjun.

Udaranya sejuk

Ketika kamu masuk ke kawasan ini, kamu dapat bernafas dengan lega. Pasalnya, udara di Kebun Raya Cibodas ini sangat sejuk dan bersih. Tak ada salahnya, kamu sekeluarga pergi ke tempat wisata ini karena terdapat pula beberapa taman.

Ada Rhododendron Garden, taman berbukit-bukit dengan beberapa pondokan untuk beristirahat. Kamu juga akan menemui taman dengan bentuk landscape bernuansa Jepang. Di taman ini terdapat sebuah jembatan untuk menyeberangi sungai kecil dengan air yang jernih dan bersih.

Taman lumut

Selain itu, tempat menarik lainnya adalah taman laut. Di dalamnya terdapat hampir 178 spesies lumut yang tumbuh. Ada pula rumah kaca di taman laut, yang di dalamnya terdapat tumbuhan kaktus, anggrek, dan tanaman lainnya. Rumah kaca sendiri mampu menyimpan 353 jenis kaktus dan tanaman lainnya. Wah... banyak ya!

Teks: Desy, Foto: Kidnesia.com